Erick Thohir Ajak Gen-Z Sumatera Utara Melek Literasi Digital dan Peduli Mental Health

Berita1557 views

Sumatera Utara, Inionline.id – Menteri BUMN RI Erick Thohir terus mengajak generasi muda khususnya Gen Z untuk lebih paham literasi digital. Kali ini Gen Z activation yang ke-22 dilaksanakan untuk seluruh siswa di SMA Negeri 1 Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Kamis (15/3).

Erick Thohir Melalui Staf Khususnya Arya Sinulingga mengungkapkan pentingnya literasi digital. “Saya ini diminta pak Erick ke daerah-daerah untuk masuk memberikan edukasi ke Gen Z. Karena anak-anak jaman sekarang itu berbeda dengan zaman kami. Ada orang tidak suka tiba-tiba kena buly lewat akun-akun palsu di media sosial,” ungkap Arya.

Lebih lanjut Arya menyampaikan bahwa milenial dan Gen Z menduduki peringkat kedua sebagai kelompok pengguna internet terbesar di Indonesia. Untuk itu, memahami literasi digital yang baik sangat penting agar lebih selektif dalam menerima informasi.

“Pak Erick juga sangat concern dengan yang namanya mental health. Bila ada gejala ke arah sana atau merasa depresi silahkan terbuka dan cerita ke orang terdekat atau psikolog. Jangan untuk dipendam sendiri karena hal tersebut berbahaya.” jelas Arya

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kabanjahe, Eddyanto Bangun mengungkapkan rasa terimanya “Sebuah kehormatan sekolah kami ditunjuk oleh pak Erick Thohir dan BUMN sebagai lokasi penyelenggaraan Gen Z Activation. Hal ini kesempatan yang sangat baik bagi anak anak agar bisa tau lebih banyak mengenai BUMN, pentingnya digitalisasi dan mental health di generasi muda,” tutur Eddyanto.

Rangkaian Gen Z Activation juga diisi dengan talkshow informatif seputar BUMN dari Pertamina, Jasa Raharja, Telkomsel, & Klaster BUMN Farmasi (Bio Farma, Kimia Farma, Phapros). Selain itu juga ada sharing inspiratif mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental. Dalam kesempatan tersebut Pertamina secara khusus menyerahkan bantuan berupa peralatan olahraga.

Sebagai bentuk apresiasi Kementerian BUMN dan BUMN memberikan bantuan pendidikan kepada 6 siswa siswi berprestasi SMA Negeri 1 Kabanjahe. Tak hanya itu, Telkomsel dan pihak sekolah juga melakukan signing MOU dan pemberian bantuan berupa berupa product dan layanan solusi digital bagi sekolah dalam bentuk modem orbit.

Acara ini juga dimeriahkan oleh perlombaan e-sport dan pemberian bola yang langsung ditandatangani oleh Erick Thohir kepada perwakilan ekskul sepak bola SMA Negeri 1 Kabanjahe.

Sebagai bentuk kepedulian Kementerian BUMN dan BUMN, sebanyak 25 sekolah di Kabupaten Karo mendapatkan bantuan proyektor. Seremoni penyerahan diberikan langsung kepada perwakilan sekolah yang dihadiri oleh kepala-kepala sekolah berserta dengan 10 siswa/siswi masing-masing sekolah.