Diprediksikan Muhadjir Effendy Pemudik Lebaran Tahun Ini Naik Hingga 25 Persen

Headline, Nasional857 views

Inionline.id – Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) memprediksi volume pemudik Hari Raya Lebaran tahun 2024 akan meningkat hingga 25 persen dibandingkan momen lebaran tahun lalu.

“Memang jumlah pemudik bisa dipastikan jauh lebih besar dibanding tahun lalu, karena sekarang kan sudah semakin terbuka, tidak ada lagi pembatasan-pembatasan,” kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (13/3).

“Biasanya rata-rata di atas sekitar 25 persen,” tambahnya.

Muhadjir mengaku belum bisa memastikan perkiraan rinci soal jumlah pemudik pada tahun ini. Sebab, survei ini biasanya dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

Ia mengatakan pemerintah sedang mengebut pembangunan rest area di Kilometer (KM) 97 Tol Jakarta-Merak jelang mudik. Ini bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan yang acap kali terjadi sejak tahun lalu.

“Kalau nanti belum selesai, ya kita carikan alternatif lagi,” kata mantan Mendikbud ini.

Tambah satu dermaga Merak

Di sisi lain, Muhadjir mengatakan nantinya pemerintah akan menambah satu dermaga di Pelabuhan Merak untuk meminimalisir lonjakan kendaraan.

“Ada penambahan dermaga di Merak. Ada satu tambahan dermaga, cuma nanti pintu masuknya beda sehingga tidak akan mengalami bottleneck ketika mau masuk di pelabuhan,” kata Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir meyakini tidak akan ada kendala kemacetan arus lalu lintas dari wilayah DKI Jakarta ke arah timur pulau Jawa yang melalui Tol Jakarta-Cikampek. Pasalnya, jumlah lajurnya kini sudah diperbanyak.

“Sehingga kemarin kemacetan akibat tumpahan dari arah Bandung itu nanti bisa kita atasi dengan ada tambahan satu jalur,” kata dia.