Diprediksi Meningkat 9 Persen Arus Mudik Lebaran 2024 di Aceh

Antar Daerah557 views

Inionline.id – Diprediksi mengalami peningkatan hingga 9 persen, Pergerakan arus mudik pada Lebaran 2024 di wilayah Aceh.

Kepala Dishub Aceh, Teuku Faisal mengatakan pihaknya telah mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik baik dari jalur darat, udara maupun laut.

“Pergerakan pemudik hari raya Idulfitri tahun ini diprediksi meningkat hingga sembilan persen,” kata Faisal kepada wartawan, Kamis (28/3).

Pihaknya juga telah melakukan sejumlah persiapan serta mengatur kebijakan untuk mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi saat mudik nanti.

Persiapan yang akan dilakukan yaitu dengan membentuk posko-posko terpadu pelayanan angkutan lebaran, inspeksi keselamatan angkutan AKDP, monitoring dan evaluasi angkutan penyeberangan.

Selain itu juga akan mengatur manajemen rekayasa lalu lintas angkutan penyeberangan.

“Kita juga akan melaksanakan pengecekan terhadap kesiapan keselamatan armada dan pemetaan sejumlah rute pelabuhan yang akan digunakan untuk sarana transportasi,” katanya.

Kemudian, kata Faisal, pihaknya juga telah memetakan lokasi-lokasi yang rawan terjadinya kecelakaan, pemetaan titik-titik kemacetan dan daerah-daerah rawan bencana.

Ia berharap kepada semua pihak terkait untuk aktif melaporkan kendala atau kejadian yang terjadi di lapangan untuk kelancaran arus mudik lebaran 2024.

“Kita terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik lebaran nanti,” katanya.