Dewan Jabar Mochamad Ichsan Akui Upaya Komisi II Sudah Maksimal Dalam Mendukung Keberadaan Komoditi Beras

Antar Daerah1457 views

Bandung, Inionline.id – Harga beras yang per hari ini, Rabu (06/04/2024) masih diatas harga eceran tertinggi (HET) memancing reaksi anggota Komisi II DPRD Jabar Mochamad Ichsan Maoluddin.

Menurut data Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), pukul 07.24 WIB harga beras medium Rp14.060 per kilogram. Sedangkan HET yang ditetapkan pemerintah yakni Rp10.900-Rp11.800 per kilogram untuk beras medium.

Mochamad Ichsan mengatakan bahwa, untuk wilayah Jawa Barat dirinya bersama Komisi II DPRD Jabar telah mendukung secara maksimal agar komoditi beras terjaga keberadaannya.

“Kami mengawasi ketersediaan pupuk, kemudian bibit yang mudah didapat oleh petani, yang kami temukan dengan naiknya harga beras juga tidak serta merta meningkatkan kesejahteraan petani karena ada faktor-faktor lainnya,” ujarnya.

Legislator asal Kabupaten Bogor ini menambahkan, dengan turunnya harga beras, maka sesungguhnya memiliki efek domino yang signifikan.

“Beras dengan harga yang murah itu solusi jangka pendeknya adalah melakukan operasi pasar, tapi bukan aksi itu yang kami harapkan,” imbuh Ichsan.

Dirinya berharap, Pemerintah memiliki solusi jangka panjang yang lebih kongkrit terlebih sebentar lagi masyarakat akan memasuki bulan Ramadhan.

“Pemerintah harus bisa menekan inflasi, jangan sampai memasuki bulan ramadhan dan idul fitri masyarakat kesulitan bahan-bahan pokok atau harganya masih mahal,” tandasnya.