Dengan Jalan Kaki 11 Menit per Hari Cukup buat Cegah Penyakit Ini

Kesehatan1357 views

Inionline.id – Jalan kaki setiap hari tak perlu lama-lama. Cukup 11 menit jalan kaki setiap hari saja bisa menurunkan sejumlah risiko penyakit kronis.

Hal ini ditemukan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine. Para peneliti dari Cambridge University mengatakan, aktivitas fisik intensitas sedang selama 11 menit sehari cukup untuk meningkatkan angka harapan hidup.

Aktivitas fisik intensitas sedang misalnya jalan kaki, menari, naik sepeda, bermain tenis, hingga hiking. Kesemuanya bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Menukil laman Cambridge University, para peneliti melakukan tinjauan sistematis dan meta-analisis dari sejumlah bukti studi yang telah dipublikasikan sebelumnya.

Secara umum, peneliti menemukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit per minggu memang bisa menurunkan risiko kematian dini. Namun, di luar jumlah itu, sebenarnya aktivitas fisik intensitas sedang selama 75 menit per minggu juga ditemukan bisa menurunkan risiko kematian dini.

“Jika Anda menganggap aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu agak menakutkan, maka temuan kami seharusnya menjadi kabar baik. Jika Anda hanya mampu selama 75 menit per minggu pun sebenarnya tidak apa, memberikan manfaat yang hampir serupa,” ujar ahli epidemiologi Cambridge University Soren Brage.

Berikut beberapa risiko penyakit yang bisa ditekan dengan jalan kaki 11 menit setiap hari:

– risiko penyakit kardiovaskular menurun 17 persen
– risiko penyakit kanker otak, tenggorokan, darah, kulit, dan lambung menurun 14-26 persen
– kanker paru-paru, liver, endometrium, usus besar, dan payudara menurun 3-11 persen

“Yang kami temukan adalah manfaat besar bagi kesehatan jantung dan penurunan risiko kanker meski Anda hanya bisa meluangkan waktu 11 menit setiap hari,” ujar peneliti lainnya James Woodcock.

Penyakit kardiovaskular dan kanker sendiri merupakan dua penyebab kematian terbanyak di dunia. Aktivitas fisik diketahui dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

Secara umum, orang dewasa disarankan untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau 75 menit aktivitas fisik intensitas tinggi.