BNN RI LAKUKAN PENDEKATAN KOLABORATIF DENGAN BSI, PERKUAT KERJA SAMA DALAM P4GN

Berita957 views

Inionline.id – Tindak pidana narkotika merupakan salah satu dari lima tindak pidana asal (TPA) yang memiliki risiko tinggi terhadap tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sebab itu, dalam mengungkap kasus peredaran gelap narkotika, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) juga menjerat pelaku kejahatan narkotika dengan Undang-Undang TPPU.

Sebagai upaya menghentikan kejahatan narkotika melalui pengungkapan TPPU, BNN RI melakukan pendekatan kolaboratif, baik dengan Pusat Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Otoritas Jasa Keungan (OJK), serta lembaga perbankan.

Setelah sebelumnya menyambangi Bank Mandiri, kini kolaborasi dilakukan dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai lembaga keuangan syariah terbesar di Indonesia, hasil penggabungan tiga bank syariah dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu PT Bank BRI Syariah, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah.

Kunjungan Kepala BNN RI Marthinus Hukom yang didampingi oleh Deputi Pemberantasan, Deputi Pencegahan, Deputi Pemberdayaan Masyarakat, Deputi Hukum dan Kerja Sama, Kepala Biro Humas dan Protokol, serta Kelompok Ahli BNN bidang terkait, disambut baik oleh Direktur Retail Banking BSI Ngatari, bersama Direktur Kepatuhan dan SDM BSI Tribuana Tunggadewi beserta jajaran, di Kantor Pusat BSI-The Tower, Jakarta Selatan, pada Rabu (27/3).

Selain membahas tentang dukungan yang dapat dilakukan dalam pengungkapan kasus TPPU dari kejahatan narkotika, Kepala BNN RI juga bermaksud melanjutkan kerja sama dengan BSI yang sebelumnya dilakukan dengan PT Bank BRI Syariah pada 2020 silam. Ia berharap kerja sama terkait transaksi keuangan dan perbankan serta kontribusi dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) dapat dilanjutkan dan ditingkatkan.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari, menyambut baik rencana tersebut. Ia mengatakan bahwa pihaknya akan senantiasa memberikan dukungan dalam upaya P4GN. Lebih lanjut Ia berharap kerja sama ini dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Mengakhiri pertemuan tersebut, Kepala BNN RI dan Direktur Retail Banking BSI bertukar cendera mata sebagai simbol kesepakatan untuk membuka diri dalam kolaborasi yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.