Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Datangi KPU Kabupaten Bogor, Begini Tanggapannya Soal Pemilu 2024

Antar Daerah1557 views

Bogor, Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru’yat mendatangi kantor KPU Kabupaten Bogor di jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (15/02/2024).

Dirinya mengatakan bahwa kedatangannya ke Kantor KPU adalah guna memonitoring jalannya Pileg dan Pilpres 2024.

“Saya hadir ke sini (kantor KPU) sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Barat untuk silaturahim, karena pimpinan Dewan Jawa Barat harus selalu silahturahim ke seluruh Jawa Barat, apalagi di daerah pemilihan saya sendiri Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Selain itu, Ru’yat juga mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Bogor yang dinilai sudah sangat maksimal dalam menyelenggarakan Pileg dan Pilpres 2024.

“Alhamdulillah saya berjumpa langsung dengan Ketua KPU Kabupaten Bogor dan Komisioner Kang Adi Kurnia dan Kang Adi Saputra, luar biasa dari dialog bahwa KPU telah berusaha, berikhtiar, telah bekerja agar penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Bogor berjalan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku serta berlangsung, umum, bebas, rahasia,” kata Ru’yat.

Mantan Wakil Wali Kota Bogor ini juga menerima kabar bahwa ada beberapa anggota KPPS yang sampai harus dirawat di rumah sakit karena kelelahan.

“Saya sudah keliling ke beberapa TPS, baik di Kemang, kemudian juga di Bojongkoneng, kemudian beberapa TPS luar biasa partisipasi dari masyarakat,btingkat kehadiran terutama juga dari penyelenggara, dari panwas, dari para saksi,” tukasnya.

“Bahkan tadi habis sholat subuh, saya ngecek langsung ke TPS ada yang masih menghitung, luar biasa mudah-mudahan diberikan kesehatan, yang sakit diberikan kesembuhan,” lanjutnya.

Ru’yat juga menyebutkan, dengan jumlah kecamatan di Kabupaten Bogor yang mencapai 40 kecamatan dan jumlah penduduk menembus angka 5 juta lebih, dirinya sangat mendorong agar Kabupaten Bogor dimekarkan.

“Menurut saya kedepannya perlu dimekarkan, bayangkan dengan DPT mungkin terbesar se-Indonesia untuk tingkat kabupaten bahkan mungkin melampaui DPT provinsi Sumatera Barat saja boleh jadi DPT-nya lebih banyak kabupaten Bogor,” tandasnya.

Ketua KPU Kabupaten Bogor Muhammad Adi Kurnia mengapresiasi kedatangan Achmad Ru’yat ke kantornya.

“Untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, alhamdulillah kemarin kita sudah melaksanakan pencoblosan, perhitungan pemungutan suara, di tingkat TPS dan Insyaallah kita akan melakukan rekapitulasi di tingkat Kecamatan,” imbuhnya.

“Apabila dilihat dari tahapan itu di tingkat PPK sudah bisa dilaksanakan dari tanggal 15, untuk rekapitulasi di tingkat PPK, mungkin rekan-rekan kita di PPK akan melaksanakan besok atau lusa,” lanjut Adi.

Dirinya berharap penyelenggaran Pemilu 2024 ini bisa berjalan dengan baik, lancar, bisa berjalan kondusif, tidak ada riak-riak di masyarakat walaupun banyak pemberitaan-pemberitaan di Kabupaten Bogor ini.

“Karena kondisi Kabupaten Bogor ini tadi sudah dibicarakan, dengan jumlah DPT yang sangat besar sebanyak 3.899.441 yang tersebar di 15.228 TPS ini kerja yang luar biasa untuk kami sebagai penyelenggara pemilu, artinya ketika kita dibandingkan dengan DPT di luar Jawa atau dengan Provinsi lain kita bisa secara Provinsi dengan jumlah DPT yang sangat besar artinya kita harus kerja ekstra sebagai penyelenggara pemilu untuk mensukseskan Pemilu 2024,” pungkasnya.