Surat Suara di Makassar Tercoblos Paslon Nomor Urut 2 Dibantah Bawaslu

Politik857 views

Inionline.id – Bawaslu Sulawesi Selatan (Sulsel) membantah adanya informasi yang beredar di masyarakat terkait surat suara untuk Pilpres 2024 telah tercoblos untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo-Gibran Rakabuming, di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Sulsel.

Koordinator Humas dan Data Informasi Bawaslu Sulsel, Alamsyah, mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi Bawaslu Makassar terkait informasi adanya kertas suara di Pulau Kodingareng.

“Hoaks itu, karena sampai dengan sekarang panwascam selalu standby hingga malam ini,” kata Alamsyah dalam keterangan tertulis, Senin (12/2).

Alamsyah menegaskan sampai saat ini logistik Pemilu yang berada di kepulauan Kecamatan Sangkarrang dalam kondisi masih tersegel.

“Dipastikan (logistik Pemilu) masih dalam keadaan tersegel,” ujarnya.

Adapun terkait logistik Pemilu berupa kotak suara yang ditarik ke kembali ke gudang KPU Makassar yang sebelumnya telah didistribusikan ke Kecamatan Sangkkarang, Alamsyah menyebut itu dilakukan karena kotak suara belum dirakit sehingga harus dikembalikan.

“Logistik berupa kotak suara ditarik kembali ke Makassar, karena harus dalam bentuk rakitan kotak, baru dikirim ke pulau dan hal ini kami juga butuh keterangan resmi dari KPU Makassar,” ungkapnya.

Terpisah, Komisioner KPU Makassar Muh Abdi Goncing mengatakan bahwa terjadi kesalahan komunikasi terkait kotak suara yang tidak dirakit lebih dulu sebelum dikirim ke Kecamatan Sangkarrang.

“Tadi dipacking kemudian langsung (dibawa). Jadi yang tidak dipacking (dirakit) itu kita tarik, kemudian kita packing. Tadi sudah sementara perjalanan menuju Sangkkarang,” kata Abdi.

Saat ini, kata Abdi, pengiriman ulang logistik tersebut dilakukan hari ini untuk pulau-pulau terdekat dari Makassar. Sedangkan untuk pulau yang jauh dijadwalkan akan dikirim pada esok harinya.

“Hari ini itu sampai di pulau yang terdekat dulu, untuk pulau terjauh besok kita distribusikan,” imbuhnya.

KPU Makassar telah mendistribusikan logistik Pemilu ke lima pulau yang berada di Kepulauan Kecamatan Sangkarrang yakni, Kodingareng, Barrang Lompo, Barrang Ca’di, Langkai dan Lanjukang dengan jumlah kertas suara 40.864, baik untuk Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Sulsel dan DPRD Makassar.

Sebelumnya, viral beredar informasi kertas suara di Makassar telah dicoblos paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran. Informasi yang beredar di grup WhatsApp itu menyebutkan bahwa kertas suara untuk Pilpres telah tercoblos semua.

“Halooo…halooo… Barusan saya dapat telpon dari anggota di Pulau Kodingareng. Dia sampaikan kalau kertas suara capres untuk Pulau Kodingareng dibawa pulang ke Makassar karena setelah diperiksa, kertas suara ternyata sudah tercoblos semua paslon nomor 2,” tulisa pesan tersebut.

“Saya suruh cek temannya yang Pulau Barranglompo dan Barrangcaddi, rupanya sama semua. Dibawa kembali karena sudah tercoblos semua paslon no. 2,” katanya.