Presiden Jokowi Berharap Pemilu Berjalan Jujur dan Adil

Headline, Nasional657 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan hak suara di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2).

Berdasarkan pantauan, Jokowi dan Iriana datang ke TPS yang berada di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada pukul 08.47 WIB. Keduanya menaiki mobil berpelat RI I.

Kepala Negara menggunakan kemeja putih dengan celana hitam. Sedangkan sang istri mengenakan dress panjang bernuansa hijau sage.

Saat tiba, Jokowi dan Iriana langsung mendaftar dan menunggu sebentar di kursi tunggu sembari petugas KPPS menyiapkan surat suara. Jokowi mendapat nomor urut 50.

Tak lama Ia dipanggil petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mengambil surat suara. Jokowi dan Iriana sempat membuka dan membentangkan surat suara.

Jokowi dan Iriana secara bersamaan memasuki bilik suara. Sekitar dua menit keduanya berada di bilik suara. Setelah usai memberikan hak suaranya, Jokowi dan Iriana menyelupkan jari ke tinta pemilu tanda telah sah mencoblos.

“Alhamdulillah baru saja saya tadi bersama Iriana telah melakukan pencoblosan dalam rangka pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD dan DPD,” kata Jokowi saat ditemui usia mencoblos.

Jokowi berharap pemilu bisa berjalan aman dan lancar.

“Pemilunya berjalan dengan lancar seluruh rakyat bisa menggunakan hak pilih dengan baik, bisa berjalan jurdil, luber dan aman,” ungkapnya.

Ketua KPPS di TPS 10 Hamdi Basyar mengatakan ada 128 lembar surat suara untuk calon presiden/calon wakil presiden. Lalu, 124 lembar surat suara DPR RI.

Kemudian, ada 123 lembar surat suara untuk DPD RI dan 125 lembar bagi pemilihan DPRD RI.

Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Pemilu Serentak di seluruh Indonesia. Pencoblosan dimulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Khusus di Pilpres 2024, ada tiga pasangan calon yang berkontestasi. Secara berurutan, mereka adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Lalu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.