Di Pilkada 2024 Uu Ruzhanul Ulum Siap Jadi Calon Gubernur Jabar

Antar Daerah757 views

Inionline.id – Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Uu Ruzhanul Ulum mengaku siap menjadi calon gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024 mendatang.

Uu adalah mantan wakil gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Dia mendampingi Ridwan Kamil di periode jabatan tersebut.

Uu sebenarnya lebih ingin kembali menjadi wakil gubernur jika Ridwan Kamil maju. Apabila tidak, maka Uu siap menjadi calon gubernur.

“Karena enggak bakal kuat terus terang aja melawan beliau ini. Kalau Pak Gubernur tidak ada, baru saya akan berusaha (jadi calon gubernur). Tapi semua kan menunggu hasil pileg, terutama di provinsi,” ucap Uu mengutip detik.com pada 23 Februari lalu.

Dia menampik isu bakal maju menjadi calon wali kota Tasikmalaya. Uu mengatakan sudah ada arahan dari DPP PPP untuk maju di level provinsi.

Kepala Bappilu PPP Sandiaga Uno, kata Uu, sudah memberi arahan mengenai kans keikutsertaannya di pemilihan gubernur-wakil gubernur Jawa Barat.

“Saya sesuai arahan dari DPP dan dari Pak Sandi sebagai ketua Bapilu, kita itu diarahkan untuk menjadi pimpinan di Jabar, kalau saya turun lagi (ke Tasikmalaya) mohon maaf, mengganggu kaderisasi,” tegas Uu.

Saat ini, Uu juga menjadi calon anggota DPR RI di Pemilu 2024 dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VIII. Meliputi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

Namun, perolehan suaranya terbilang kecil. Merujuk data Sirekap KPU, Uu baru memperoleh 2.848 suara. Angka itu berdasarkan Sirekap KPU 65 persen data masuk per 27 Februari.

Uu belum mau bicara soal dirinya yang berpotensi gagal mendapat kursi DPR. Dia mengatakan proses rekapitulasi belum final dan masih dilakukan KPU.

“Kalau dari hitungan yang ada di partai, kita (saya) itu 5.600 sampai 7.000 (suara),” kata dia.