Berikut ini 7 Rekomendasi Menu Diet Ringan untuk Penderita Gastritis

Kesehatan857 views

Inionline.id – Penyakit gastritis dapat dikelola dengan pola makan atau diet yang tepat untuk meringankan gejalanya. Simak rekomendasi menu diet ringan untuk penderita gastritis.

Gastritis merupakan kondisi radang di perut yang dapat menimbulkan asam lambung dan sejumlah gejala seperti nyeri di ulu hati, kembung, mual, dan muntah.

Pola makan berperan penting pada kesehatan perut dan pencernaan. Diet yang ramah gastritis dapat membantu meringankan gejala. Konsumsi makanan yang dapat meringankan radang dan hindari pula makanan yang dapat memperparah peradangan.

Mengutip Healthline, sejumlah makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengurangi gejala gastritis. Di antaranya makanan tinggi serat, makanan rendah lemak dan keasaman, minuman berkarbonasi dan bebas kafein, serta makanan yang mengandung probiotik.

Berikut rekomendasi menu diet ringan untuk penderita gastritis dilansir dari berbagai sumber.

1. Buah dan sayur

Mengutip Verywell Health, penderita gastritis sebaiknya menghindari buah-buahan yang asam, seperti jeruk dan tomat, atau sayuran yang digunakan untuk menambah rasa dan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Sebaliknya, pilihlah buah dan sayuran rendah asam seperti apel, beri, labu, dan wortel. Pisang juga dapat membantu merangsang produksi lendir yang melindungi asam lambung.

Namun, hindari makan pisang terlalu banyak karena dapat menyebabkan kembung, gas, dan kram pada beberapa orang.

2. Gandum utuh

Sertakan biji-bijian utuh, seperti roti, nasi merah, dan pasta dalam menu harian Anda. Biji-bijian ini ideal karena rasanya hambar dan mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan).

Oat, barley, dan quinoa adalah pilihan bergizi lainnya.

Jika Anda memiliki gejala yang membuat sulit makan, seperti kembung atau kram, nasi putih atau kentang putih mungkin lebih mudah dicerna.

Hindari jagung dan apapun yang terbuat dari jagung, seperti roti jagung, pasta tertentu bebas gluten, dan produk lainnya. Ini mengandung gula yang dapat memperburuk gastritis.

3. Yogurt

Lemak dapat mengiritasi lapisan lambung dan memperburuk gejala gastritis. Hal ini termasuk produk susu berlemak penuh seperti susu dan mentega.

Di sisi lain, Anda bisa mengonsumsi produk susu rendah lemak seperti yogurt tawar tanpa lemak. Yogurt sangat baik karena mengandung probiotik yang menyehatkan usus dan dapat membantu mengendalikan infeksi bakteri di usus.

Hindari saus, isian, atau puding yang dibuat dengan krim kental atau keju lunak.

4. Protein

Penderita gastritis tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging merah, terutama potongan yang lebih berlemak.

Sebagai gantinya, pilihlah protein seperti ikan bakar yang diolah dengan cara dipanggang atau kukus.

Kacang-kacangan dan selai kacang mengandung protein tinggi tetapi juga tinggi lemak yang dapat menimbulkan masalah bagi penderita gastritis.

Kacang-kacangan dan buncis umumnya baik, tetapi porsinya harus kecil karena dapat menyebabkan gas dan kembung. Sup berbahan dasar kaldu, seperti sup ayam, lebih baik daripada sup krim.

5. Makanan penutup

Dessert sering kali mengandung banyak lemak dan gula yang harus dihindari. Buah beri segar dengan topping whipped rendah lemak dan produk non-dairy serta sedikit keju ricotta bebas lemak bisa jadi pilihan menu diet ringan untuk penderita gastritis.

Saus apel dan irisan melon juga dapat membantu meringankan gejala gastritis.

6. Minuman

Hindari kafein, minuman berpemanis, soda, dan jus buah yang asam seperti jeruk. Air putih, teh herbal, susu non-dairy, dan jus apel atau cranberry adalah pilihan terbaik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh pepermint, jahe, dan kunyit sangat berguna dalam meredakan gejala maag. Satu sendok teh madu juga dapat membantu meredakan peradangan.

7. Rempah

Penderita gastritis disarankan untuk membatasi bumbu rempah dalam masakan, seperti lada hitam, cabai, bawang putih bubuk, pala, dan bubuk kari.

Herbal dan rempah-rempah lainnya, seperti basil, oregano, sage, dan tarragon, cenderung tidak menyebabkan iritasi lambung. Beberapa rempah, seperti jahe dan kunyit, bahkan dapat membantu meredakan sakit perut.

Itulah 7 rekomendasi menu diet ringan untuk penderita gastritis. Semoga membantu.