Berikut ini 7 Obat Penurun Panas Alami untuk Dewasa yang Paling Ampuh

Kesehatan757 views

Inionline.id – Banyak orang menggunakan obat paracetamol untuk menurunkan demam. Namun sebenarnya, ada obat penurun panas selain paracetamol yang bisa didapatkan secara alami.

Lantas, apa saja obat penurun panas dewasa paling ampuh yang alami?

Demam adalah kondisi saat suhu tubuh meningkat. Dalam kondisi normal, seseorang umumnya memiliki suhu tubuh berkisar di antara 36,1 -37,2 derajat Celcius. Lebih dari itu, maka Anda disebut mengalami demam.

Pada dasarnya, demam juga menjadi pertanda bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Dalam banyak kasus, demam menandakan sistem kekebalan tubuh yang tengah bekerja keras melawan infeksi akibat serangan patogen.

Demam biasanya bakal disertai dengan gejala lain seperti rasa menggigil, tubuh terasa lemas, hingga nyeri pada otot dan persendian. Gejala-gejala itu jelas bikin tubuh terasa tak nyaman.

Obat penurun panas alami pada dewasa

Obat yang mengandung paracetamol selalu jadi jalan pintas untuk mengatasi demam. Padahal, ada beberapa obat penurun panas alami yang bisa jadi pilihan.

Merangkum berbagai sumber, berikut obat penurun panas pada dewasa paling ampuh yang alami.

1. Perbanyak minum

Peningkatan suhu tubuh dapat mengakibatkan dehidrasi. Mengutip Medicine Net, kondisi ini akan memicu rasa tidak nyaman.

Jadi, langkah pertama adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Caranya tentu dengan meminum banyak cairan. Air mineral harus menjadi yang utama sebagai cara alami menurunkan demam.

2. Minum air lemon dan madu hangat

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini dapat mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Masukkan 2-3 iris lemon ke dalam satu gelas air hangat dan beri madu untuk menambahkan rasa. Minum air lemon bisa jadi cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat.

3. Konsumsi sup

Sup yang mengandung herba dan rempah-rempah akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Sup juga akan mendinginkan tubuh dengan memproduksi keringat.

Selain itu, sup berbahan dasar kaldu juga memberikan energi dan nutrisi penting untuk melawan penyakit dan menurunkan suhu tubuh.

Jadikan sup sebagai obat penurun panas alami Anda.

4. Jus buah

Jus buah memberikan tubuh banyak vitamin yang diperlukan untuk membangun kekuatan melawan penyakit. Jus buah juga bisa membantu menghidrasi tubuh.

Namun, kurangi penambahan gula di dalam jus dan kurangi penggunaan es.

5. Teh kelor

Kelor dikenal sebagai tanaman yang punya banyak manfaat kesehatan. Mengutip Healthline, sebuah studi bahkan menemukan manfaat kelor dalam menurunkan demam.

Namun, teh kelor tidak direkomendasikan untuk ibu hamil atau orang-orang yang mengonsumsi obat tertentu seperti lovastatin, fexofenadine, atau ketoconazole.

6. Kompres basah

Mengutip Prevention, kompres basah membantu menurunkan suhu tubuh. Dengan demikian, kompres basah bisa jadi salah satu cara menurunkan demam pada dewasa tanpa obat paracetamol.

Basahi kain dengan air dingin dan peras. Taruh kain di dahi, pergelangan tangan, dan betis.

7. Istirahat

Tak ada obat penurun panas dewasa paling ampuh alami lainnya selain istirahat yang cukup. Istirahat jadi metode pemulihan bagi tiap penyakit.

Coba-lah untuk bersantai dan rileks saat demam. Pasalnya, saat demam artinya tubuh sedang bekerja berlebihan melawan penyakit.

Jika demam mencapai lebih dari 39 derajat Celcius atau tak membaik selama tiga hari setelah coba diobati, maka Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.