Berikut ini 3 Kelompok Orang yang Paling berisiko Terkena Kanker Sarkoma

Kesehatan757 views

Inionline.id – Kanker sarkoma diderita salah satu selebritis Tanah Air, Alice Norin. Alice menderita kanker tersebut di bagian rahimnya, hingga membuat dia harus mengangkat rahim agar kanker tersebut hilang dari tubuhnya.

Kanker sarkoma mungkin cukup awam di telinga orang Indonesia. Kanker ini juga tergolong langka namun tetap berbahaya.

Lantas, siapa saja yang berisiko terkena kanker sarkoma?

Mereka yang berisiko kanker sarkoma

Kanker sarkoma adalah jenis kanker yang cukup langka. Kanker ini tidak hanya tumbuh di rahim seperti yang dialami Alice Norin. Nyatanya, kanker ini juga bisa tumbuh di bagian tubuh lain.

Sarkoma bisa berkembang di sel-sel yang menghubungkan atau mendukung jaringan. Mulai dari sel di tulang, otot, tendon, tulang rawan, saraf, lemak, hingga pembuluh darah di lengan dan kaki.

Melansir Pan Medicine, sarkoma bahkan bisa terbentuk di dekat permukaan kulit. Tapi kanker ini juga bisa bersembunyi jauh di dalam otot manusia hingga terdeteksi ketika kanker sudah masuk stadium lanjut.

Siapapun berisiko terkena kanker ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bisa terkena kanker sarkoma tergantung ada di mana kanker ini tumbuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut orang-orang yang berisiko terkena kanker sarkoma:

1. Wanita obesitas

Melansir Cancer research UK, wanita dengan berat badan berlebih hingga masuk kategori obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker sarkoma di rahimnya.

2. Garis keturunan sarkoma

Banyak penyakit yang bisa diwariskan dari orang tua, atau kakek-nenek buyut ke cucu atau anak mereka. Begitu juga dengan kanker sarkoma.

Mereka yang memiliki garis keturunan sarkoma, lebih berisiko menderita kanker ini dibanding yang tidak.

3. Sering terpapar bahan kimia

Beberapa bahan kimia yang sering digunakan dalam industri ternyata berisiko menyebabkan kanker sarkoma. Biasanya kanker yang disebabkan paparan zat kimia industri menyerang organ hati.

Itulah tiga kelompok yang paling rentan terpapar kanker sarkoma. Lebih waspada dan berhati-hati.