905 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek Saat Libur Imlek

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Pada libur panjang Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek pekan ini Jasa Marga memprediksi 905 ribu kendaraan akan meninggalkan Jabotabek.

Ini diprediksi akan terjadi pada H-1 jelang Isra Miraj hingga H+2 Imlek, yakni 7 – 12 Februari mendatang.

Jasa Marga mengatakan angka tersebut naik 6,3 persen jika dibandingkan lalin normal.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama. Yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal, terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan.

Di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk wilayah Puncak dan sekitarnya serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung.

“Selain memastikan keberfungsian peralatan tol di gardu, pihaknya juga menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol-gerbang tol utama,” kata Lisya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (6/2).

Tidak hanya di gerbang tol, kata dia, potensi terjadinya kepadatan di lajur pun bakal diantisipasi dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan di jalan tol favorit untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalim dengan lebih cepat lagi.

“Melalui diskresi Kepolisian, Jasa Marga juga siap mendukung rencana rekayasa lalu lintas, seperti contraflow, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung,” ujar Lisye.

Lisye juga menambahkan, menjelang libur periode Isra Mikraj dan Imlek, Jasa Marga mengantisipasi prediksi curah hujan menengah hingga tinggi yang diprediksi BMKG terjadi mulai Februari hingga April 2024 dengan memastikan layanan pemeliharaan agar kualitas jalan tol Jasa Marga Group terjaga dalam kondisi baik.

Tim Satgas Jasa Marga juga terus siaga untuk menangani gangguan konstruksi jalan tol secara cepat dan tepat.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 424.918 Kendaraan atau sebesar 47% kendaraan menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 260.403 atau sebesar 29% kendaraan menuju arah Barat (Merak), dan 220.071 kendaraan atau sebesar 24% kendaraan menuju arah Selatan (Puncak).