Usai Dilarang Ndhank Surahman, Begini Cara Nyeleneh Stinky Nyanyikan Lagu Mungkinkah

Inionline.id – Grup band Stinky dilarang Ndhank Surahman Hartono menyanyikan lagu Mungkinkah. Tak hanya mereka, Andre Taulany juga dicekal untuk membawakan single era 90-an tersebut.

Ndhank Surahman Hartono sebagai pencipta lagu Mungkinkah, merasa memiliki hak ekslusif. Ini karena ia punya andil 85 persen atas single tersebut.

Ndhank Surahman Hartono mengatakan, kalaupun Stinky membawakan lagu Mungkinkah, hanya boleh di bagian tertentu. Bagian tersebut adalah lirik yang diciptakan Irwan Batara, bassist Stinky.

“Jika saudara Irwan Batara sebagai personel dari Stinky tetap ingin membawakan lagu ‘Mungkinkah’, silakan membawakan sesuai dengan part-nya yang berada pada ending lagu yang isinya ‘Kau ku sayang selalu ku jaga bla bla bla’,” ucap Ndhank dalam video somasi di Instagram, 30 Desember 2023.

Terkait dengan syarat ini, band Stinky ternyata memiliki cara nyeleneh. Mereka akan tetap membawakan lagu tersebut, tanpa menyanyikannya.

“Gampang mengakalinya. Kan yang nggak boleh nyanyi kita nih, penonton suruh nyanyi tuh bagian situ kan,” ucap Irwan Stinky ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan pada Selasa (2/1/2024).

Bagi Irwan Stinky, semua hal tersebut bisa diatur. Lagipula katanya, apa yang membuat Ndhank Surahman Hartono bersikukuh melarang Stinky menyanyikan lagu Mungkinkah.

Sebab di dalam band tersebut, masih ada Irwan Batara yang juga menciptakan lagu Mungkinkah.

“Masa gue yang menciptakan, dilarang (menyanyikan) sama Ndhank,” kata Irwan.

“Kecuali kalau hanya Ndhank yang menciptakan, it’s okay. Tapi kan itu lagu Ndhank dan Irwan,” imbuhnya.

Terlebih kata Irwan Batara, ia sudah mengantongi legalitas dari lembaga terkait. Sehingga tidak perlu ada hal yang harus dikhawatirkan.

“Dari segi legal, lagu Mungkinkah ini diciptakan dia orang, Irwan dan Ndhank. Kenapa kita masih menyanyikan, karena lagu itu terdaftar di publisher dan lembaga kolektif royalti,” papar Irwan Stinky.

Andre Taulany. [Instagram]

Selain Stinky, Andre Taulany lebih dulu membuat video reaction. Lelaki yang kini menjadi komedian, membuat video terkait lagu Mungkinkah.

Andre Taulany menyetel lagu Mungkinkah. Ia kemudian duduk bak seorang pianis menyanyikan lagu tersebut.