Piala Asia 2023: Penjelasan STY Setelah Indonesia Disingkirkan Australia

Inionline.id – Timnas Indonesia disingkirkan Australia dari Piala Asia 2023. Pelatih Shin Tae-yong menyebut ada dua aspek penyebab kekalahan tim Garuda.

Indonesia kalah 0-4 dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. Empat gol bersarang ke gawang Ernando Ari Sutaryadi di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Qatar, Minggu (28/1/2024).

Masing-masing gol didapat Australia lewat bunuh diri Elkan Baggott, kemudian gol dari Martin Boyle, Craig Goodwin, dan Harry Souttar. Kekalahan itu menyudahi perjalanan Indonesia di Piala Asia 2023.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, menilai ada dua aspek yang menyebabkan Indonesia kalah dari Australia. Pria Korea Selatan itu menyebut perbedaan pengalaman dan konsentrasi bertanding.

“Dalam konteks permainan, kami sebenarnya tidak bermain buruk. Ini amat disayangkan,” katanya.

“Terlepas dari empat gol yang kami telan, saya ingin mengucapkan terima kasih ke pemian dan saya sangat senang dengan kinerja tim.”

“Kami kalah sebab ada perbedaan level, di pengalaman dan konsentrasi. Tapi suatu saat nanti, kami akan bermain di level yang sama dengan Australia,” janji STY.

Babak 16 besar sendiri sudah menjadi capaian terbaik Indonesia sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Asia 2023. Sebab sebelumnya, tim Merah Putih selalu kandas di fase grup.

Sementara Australia tinggal menunggu pemenang Arab Saudi vs Korea Selatan di babak perempatfinal Piala Asia 2023. Laga Arab Saudi vs Korea Selatan baru akan digelar pada Selasa (30/1/2024).