Kemendikbudristek Umumkan Klasterisasi 943 Perguruan Tinggi

Pendidikan857 views

Inionline.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi 2024. Penetapan klasterisasi ini berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Terdapat empat klaster dalam klasterisasai ini, yakni klaster mandiri, utama, madya, dan pratama. Klasterisasi perguruan tinggi 2024 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis Science and technology Index (SINTA) periode 2020 hingga 2022.

Data kinerja yang diperhitungkan telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi. Meliputi data penulis (author), afiliasi (affiliation), artikel (article), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

Klasterisasi perguruan tinggi sebagai metode dalam mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi. Sehingga diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan menyinergikan potensi-potensi perguruan tinggi melalui kolaborasi antar perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Berikut rincian jumlah perguruan tinggi berdasarkan klaster:

  1. Klaster Mandiri: 47 Perguruan Tinggi
  2. Klaster Utama: 194 Perguruan Tinggi
  3. Klaster Madya: 277 Perguruan Tinggi
  4. Klaster Pratama: 425 Perguruan Tinggi

Hasil pengukuran data kinerja perguruan tinggi untuk klasterisasi perguruan tinggi 2024 lebih lengkap dapat dilihat di menu Metrics Cluster pada profil perguruan tinggi melalui laman https://sinta.kemdikbud.go.id/ atau pada menu operator di https://bima.kemdikbud.go.id/.

Daftar perguruan tinggi pada lampiran daftar klaster diurutkan berdasarkan alfabetis dan tidak mengindikasikan urutan nilai skor maupun perankingan. Perguruan tinggi yang tidak tercantum pada lampiran merupakan perguruan tinggi yang masuk dalam Klaster Binaan (Pra-kualifikasi).