Andre Taulany dan Stinky Dilarang Pencipta “Mungkinkah” Nyanyikan Lagunya

Inionline.id – Andre Taulany dan band Stinky mendapatkan somasi dari Endang Surahman Hartono alias Ndhank terkait lagu “Mungkinkah” ciptaannya. Ndhank dulunya juga gitaris band Stinky.

Mulai Sabtu (30/12/2023), Ndhank melarang Andre Taulany dan band Stinky untuk membawakan lagu-lagu ciptaannya termasuk “Mungkinkah” dan “Jangan Tutup Dirimu”.

“Saya Endang Surahman Hartono. Hari ini tanggal 30 Desember tahun 2023, saya membuat video pelarangan terbuka atau somasi untuk diketahui banyak pihak,” ujar Ndhank dalam video yang dibagikan akun @lambe_turah.

“Bahwa mulai hari ini, saya melarang keras Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu karya-karya saya seperti ‘Mungkinkah’, ‘Jangan Tutup Dirimu’, dan lain-lain sampai waktu yang tidak bisa ditentukan,” tegas Ndhank.

Somasi Ndhank tersebut berdasarkan Undang-undang Hak Cipta Nomor 28 tahun 2014. Karena menciptakan lagu “Mungkinkah” bareng Irwan Batara bassist Stinky, Ndhank memberikan izin sesuai dengan ketentuan.

“Jika saudara Irwan Batara sebagai personel dari Stinky tetap ingin membawakan lagu ‘Mungkinkah’, silakan membawakan sesuai dengan part-nya yang berada pada ending lagu yang isinya ‘Kau kusayang selalu kujaga bla bla bla’,” tandas Ndhank.

Video itu dibuat Ndhank untuk memberikan peringatan ke berbagai pihak, terutama penyelenggara event. Apabila masih dilanggar, Ndhank dan kuasa hukumnya tak segan akan melaporkan ke Polda Metro Jaya.

Menanggapi somasi Ndhank, warganet menyinggung royalti yang seharusnya memang wajib diberikan kepada pencipta lagu. Warganet juga mendoakan agar masalah royalti ini cepat selesai.

“Ga kebagian royalti ini mah,” komentar akun @revinda***. “Pencipta memang harus diberi royalti,” sahut akun @alfiansamjia***.

“To the point aja, saya minta royalti kalo mau dibawakan lagunya, ribet banget ngomongnya,” kata akun @wiendsarw***. “Semoga bisa di selesaikan dengan cara yang asyik dan baik..” balas akun @andymach***.

Lama tak terdengar kabarnya, Ndhank sempat bikin heboh akan pengakuannya pindah agama Kristen pada awal 2023.

Perjalanan spiritual Ndhank dibagikan melalui kanal YouTube Grace Watania Official pada 2020. Awalnya Ndhank mengenal Kristen dari sang istri yang kala itu masih berstatus sebagai kekasihnya.

Formasi baru band lawas Band Stinky: Nano (gitar), Irwan (vokal dan bas), dan Edy (drum). [Dok.Antara]

Perdebatan dengan sang istri membuat rasa penasaran Ndhank kepada Yesus muncul. Ndhank juga mengaku melihat cahaya terang benderang yang berkata dirinya adalah Tuhan dalam mimpinya.

Sejak saat itu, kerinduan Ndhank untuk lebih mengenal Yesus semakin menggelora. Ndhank lantas mulai mempelajari kitab umat Islam dan Kristen.

Ayat Yohanes 14:6 serta bimbingan Pendeta Edhie Sapto membuat Ndhank mantap masuk agama Kristen. Ia pun telah dibaptis pada 2011.