191 Rumah Rusak Setelah Angin Puting Beliung Terjang 2 Desa di Bondowoso

Berita1257 views

Inionline.id – Angin puting beliung menerjang dua desa Kecamatan Prajekan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sebanyak 191 rumah dilaporkan rusak, sejumlah warga juga disebutkan mengalami luka-luka.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Timur, Satrio Suseno, menjelaskan pada Kamis (18/1) sekitar pukul 17.00 WIB terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

“Hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Prajekan menyebabkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan dan beberapa pohon tumbang,” kata Satrio melalui keterangan tertulis kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/1).

Satrio mengatakan 191 rumah rusak, 12 pohon tumbang, dan satu unit gudang rusak. Kerusakan terparah terjadi di Desa Walidono.

“Total dampak keseluruhan rumah rusak ringan 109 unit, rumah rusak sedang 67 unit, rumah rusak besar 15 unit,” ucapnya.

Selain itu, tiga warga luka ringan, tiga orang luka sedang, dan dua orang luka berat. Saat ini mereka sudah mendapatkan penanganan medis.

“Atas kejadian ini, Pusdalops PB BPBD Bondowoso dan Agen Bencana Provinsi Jatim melanjutkan pendataan di lokasi kejadian,” katanya.

BPBD Kabupaten Bondowoso dibantu unsur lain melanjutkan pembersihan material dampak angin puting beliung di lokasi kejadian.

BPBD juga telah mendirikan posko tanggap darurat yang berlokasi di Kantor Desa Walidono dan mendirikan dapur umum di SDN 2 Walidono.