Mendarat Lagi di Aceh Timur 50 Orang Pengungsi Rohingya

Berita757 views

Inionline.id – Sebanyak 50 orang etnis Rohingya kembali mendarat di Aceh, kali ini mereka memilih wilayah pesisir timur sebagai lokasi pendaratan yaitu di Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur pada Kamis (14/12).

Kapolsek Darul Aman Iptu Syamsul Bahri membenarkan adanya pengungsi Rohingya itu mendarat di wilayah tersebut. Pihaknya mengetahui pengungsi Rohingya saat warga menemukan 4 orang dari mereka berjalan kaki di desa tersebut.

“Setelah dilakukan interogasi terhadap 4 warga Rohingnya tadi, kami melakukan penyisiran, alhasil ditemukan 46 Rohingnya yang lain di seputar Desa Seuneubok Baro, selanjutnya mereka disatukan di TPI Pelabuhan Idi Cut,” kata Syamsul Bahri kepada wartawan.

Sambil menunggu proses lebih lanjut, ke-50 warga Rohingya ini menjalani pemeriksaan kesehatan dari petugas UPTD Puskesmas Darul Aman. Semua pengungsi Rohingya itu berjenis kelamin laki-laki.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Protection Associate United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Indonesia, Faisal Rahman bahwa pengungsi tersebut tiba pada Kamis dini hari. Saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

“Untuk detailnya saya belum bisa komentar, karena baru dapat informasi ada pengungsi saja di Aceh Timur yang disampaikan Kesbangpol,” kata Faisal Rahman saat dikonfirmasi.

Diketahui sebelumnya, jumlah total pengungsi Rohingya yang mendarat ke Aceh sejak pertengahan November 2023 lalu mencapai 1.543 orang. Data itu diperoleh dari UNHCR per 10 Desember 2023.

Adapun total kapal yang mendarat di Aceh mencapai 9 unit. Saat ini imigran tersebut ditempatkan di lokasi penampungan sementara di sejumlah daerah di Aceh.

Dengan kedatangan 50 pengungsi Rohingya hari ini, total etnis Rohingya yang ada di Aceh bertambah mencapai 1.733 orang. Saat ini mereka tersebar di Pidie, Sabang, Lhokseumawe, Banda Aceh dan terakhir di Aceh Timur.