Kampus Unugiri Menggelar Kuliah Pakar, Menuju ‘World Class University’

Pendidikan357 views

Inionline.id – Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) menggelar kuliah pakar dengan mengangkat tema “Transformasi Literasi Digital untuk Sumber Daya Manusia yang Unggul Menuju World Class University.  Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber pakar.

Kedua pakar tersebut adalah Andie Megantara, Ph.D., Sekretaris Kementerian Koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan dan Ichwan Arifin, M.Si., praktisi komunikasi publik. Dalam materi paparannya, Andie Megantara menyampaikan, pentingnya kampus berkolaborasi dengan stakeholder yang ada.

Dari kolaborasi tersebut tentu akan tercipta sumberdaya manusia yang unggul dan andal. Selain itu, melihat potensi yang saat ini sudah dimiliki, Andie mengaku dirinya cukup optimis dengan Unugiri.

Sementara itu, Ichwan Arifin, dalam materinya memaparkan secara panjang lebar tentang cepatnya perkembangan tekhnologi dalam peradaban kehidupan manusia dari zaman ke zaman. Untuk itulah para mahasiswa wajib membekali diri dengan pengetahuan tentang bagaimana peran pentingnya literasi digital.

Selain itu, Ichwan juga sedikit memaparkan tentang bagaimana kecerdasan buatan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga dengan Artificial Intelligence AI.  Ichwan menutup sesinya dengan kalimat; “Beranilah berpikir dan bersikap merdeka”.

Rektor kampus Unugiri, M. Jauharul Ma’ari yang diwakili oleh wakil rektor III Dr. Nurul Huda dan selaku moderator Lisa Amanatul Mukaromah, M.Si,. Kepala bidang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unugiri.

Sementara pada kegiatan kuliah pakar yang digelar di lantai 3 gedung rektorat hall Wakhid Hasyim ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting dari jajaran kampus Unugiri. Mulai Ketua BPP UNUGIRI, Drs. Saifuddin Idris, M.M, M.H.I, Wakil Rektor IV Dr. Hj. Ifa Khoiria Ningrum, M.M, seluruh dekan, kaprodi, dan mahasiswa penerima beasiswa KIP.