Jelang Setahun Layanan Kesehatan Ortotik Prostetik, RSUD Kota Tangerang Dapat Respon Positif

Kesehatan1357 views

Inionoline.id – Hampir satu tahun berjalan pelayanan Ortotik Prostetik di RSUD Kota Tangerang mendapatkan respon yang baik dari para penerima manfaat.

Pelayanan kesehatan yang diluncurkan pada HUT Kota Tangerang yang ke-30 lalu sudah melayani hingga 11 penerima manfaat sampai dengan saat ini, Selasa (05/12).

Layanan kesehatan Ortotik Prostetik di RSUD Kota Tangerang merupakan satu-satunya yang ada di Provinsi Banten yang dilengkapi dengan workshop dan sumber daya manusia (SDM) yang dapat memproduksi langsung alat bantu kesehatan yang berfungsi untuk membantu atau menggantikan peran bagian tubuh yang membutuhkan, seperti kaki palsu, tangan palsu, jari palsu, dan alat-alat bantu lain.

Dalam prosesnya, layanan kesehatan ini memiliki lima tahapan yang harus dilakukan: Assesment (tanya jawab kepada pasien), Measurement (proses pengukuran anggota tubuh yang akan dibuatkan alat bantu), Casting (proses pencetakan gips yang dibalutkan pada tubuh yang akan dibuatkan alat bantu), Assembling (proses produksi alat bantu yang dimulai dari pengecoran casting yang telat dibuat, kemudian proses rektifikasi yaitu memperbaiki ukuran bila tidak sesuai dengan measuremet diawal, sampai proses moulding atau pembuatan rancangan bangun, Fitting (proses pengepasan alat bantu apakah sudah sesuai dan nyaman).

Sementara, untuk proses produksinya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu proses pengerjaan pembuatan kaki/tangan palsu.

“Untuk pengerjaannya diperkirakan sampai 2 minggu untuk bisa mendapatkan alat bantu kesehatan ini, setelah sebelumnya kita lakukan pengukuran,” ucap Hongki seorang Ortotis Prostetis di workshopnya.

Selain itu, RSUD Kota Tangerang juga memfasilitasi peserta jaminan kesehatan BPJS dapat menerima manfaat secara gratis untuk mendapatkan alat bantu yang sesuai standar.

“Untuk peserta BPJS bisa mendapatkan layanan kesehatan ini sesuai standarnya, namun apabila ingin meng-upgrade, peserta juga mengkombinasi secara mandiri dengan biaya tambahan,” tambahnya.

Produk yang dapat dibuat di Workshop RSUD Kota Tangerang

Masih pada kesempatan yang sama, salah seorang peserta BPJS yang sedang menjalani layanan kesehatan ini untuk anaknya mengatakan, layanan kesehatan yang diberikan RSUD Kota Tangerang sangatlah baik.

Pasalnya usai mendapat rujukan dari rumah sakit sebelumnya, anaknya langsung mendapatkan tindakan medis dari dokter.

“Alhamdulilah, sejak dirujuk kesini (red:RSUD Kota Tangerang) anak saya langsung mendapat tindakan medis, perubahannya pun signifikan. Kebetulan saya pakai BPJS, tidak dipungut biaya sepeserpun sejak pertama masuk,” ujar Ibu Riskia asal Curug.

Dengan adanya layanan kesehatan Ortotik Prostetik di RSUD Kota Tangerang ini, diharpakan dapat membantu mencegah deformitas (kecacatan) lebih lanjut, meningkatkan kemandirian pasien dalam beraktivitas secara normal serta memperbaiki gangguan gerak yang mengalami masalah.