Di Jawa Barat Ratusan Perlintasan Kereta Api Tanpa Penjagaan

Berita557 views

Inionline.id – Sebanyak 199 perlintasan kereta api di wilayah Daop 2 Jawa Barat tak terdapat penjagaan alias tanpa palang pintu. Baru sekitar 132 perlintasan yang dijaga oleh petugas.

“Perlu kami sampaikan untuk total data pintu perlintasan di wilayah Daop II bandung, 331. Di jaga 132 dan tidak jaga 199,” kata Manager Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi saat dihubungi, Jumat (15/12).

Ayep mencatat terjadi 12 kecelakaan di perlintasan kereta tanpa penjagaan sepanjang 2023. Pengadaan pintu perlintasan merupakan kewenangan pemerintah daerah seperti tertuang dalam UU Nomor 27 Tahun 1997.

Ia mengajak pemda ikut membantu menangani keselamatan di pintu perlintasan kereta api.

“Misalnya gini, kondisi perlintasan jalan provinsi itu kewenangannya provinsi. Jadi ada peran aktif dari pemerintah, PUPR, terkait untuk keselamatan di pintu perlintasan terus penambahan papan rambu, penambahan himbauan dan bagusnya penambahan papan pintu perlintasan,” ujarnya.

Kecelakaan maut melibatkan KA fedeer Whoosh Kereta Cepat dengan sebuah mobil berisi enam orang di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Kamis (14/12).

Lima orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut, sementara satu korban Ratih Anggaraeni (13) masih dalam perawatan di RSUD Cibabat, Kota Cimahi.

Korban meninggal dunia sejauh ini adalah Rapika (6), Putra (2), Edi (45), Neneng Rosmayanti (49), dan Syakila Lisdia Putri (4).