Berikut ini Resep Seblak Rafael Paling Dicari di Google Sepanjang 2023

Inionline.id – Google Indonesia telah mengumumkan tren sepanjang  2023. Tercatat bahwa resep seblak Rafael jadi resep paling dicari di Google 2023. Nah bagi yang ingin coba buatnya, simak berikut ini resep seblak Rafael dan asal-usulnya.

Diberitakan sebelumnya, resep pembuatan seblak Rafael jadi tren paling populer di pencarian Google 2023. Hal ini tampak pada laman trends.google.com yang menunjukan bahwa kata kuncu “resep seblak Rafael” berada di urutan pertama tren Google 2023 untuk kategori resep.

Lantas, bagaimana bagaimana cara membuat seblak Rafael? Nah untuk lebih jelasnya, simak berikut ini resep pembuatan seblak Rafael lengkap dengan asal-usulnya yang dilansir dari berbagai sumber.

Resep Seblak Rafael

Sebelum membuat seblak Rafael, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan. Adapun bahan-bahannya sebagai berikut:

–          Kerupuk bunga mawar

–          Kencur 4 ruas

–          Bawang putih 4 siung

–          10 buah cabai rawit hijau kecil

–          Cabe raeit 5 buah

–          Bawang daun (iris)

–          Minyak goreng

–          Gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya

Setelah semua bahan yang dibutuhkan telah siap, selanjutnya yaitu proses pembuatan seblak. Adapun proses pembuatannya yakni sebagai berikut:

1.       Pertama-tama, rebus kerupuk sampai teksturnya lembut dan sisihkan.

2.       Lalu, ulek bawang putih, kencur dan cabai rawit.

3.       Kemudian, masukkan bawang daun yang sudah diiris-iris dan aduk bersama bumbu ulek

4.       Selanjutnya, tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Lalu, aduk rata.

5.       Panaskan minyak sampai mendidih, tuangkan ke cobek, lalu aduk rata.

6.       Setelah itu, masukkan kerupuk dalam  cobek dan aduk merata bersama sambalnya.

7.       Seblak Rafael siap dihidangkan

Asal-Usul Seblak Rafael

Jadi, asal-usul seblak Rafael berawal saat Rafael Tan pulang kampung pada momen lebaran. Pada saat di kampung halaman, malam-malam Rafael merasa lapar. Rafael pun mencoba pesan cemilan berbahan aci di warung langganannya.

Hanya saja warung langganannya tersebut lama merespon pesanannya, sehingga Rafael pun membuat cemilan sendiri dengan bahan seadaannya yang ada di rumah. Pada saat itu, ada kerupuk dan bahan seblak, sehingga Rafael pun memutuskan untuk membuat seblak cobek

Setelah ia coba membuatnya, ternyata rasanya enak. Rafael pun berinisiatif untuk membagikan resepnya kepada para fansnya melalui akun media sosial pribadinya. Sejak saat itu, resep seblak Rafael pun viral dan banyak yang mencoba resepnya.