Berikut ini Rekomendasi Wisata Murah di Yogyakarta dan Sekitarnya

Inionline.id – Yogyakarta jadi salah satu daerah incaran untuk liburan. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, serta banyaknya pilihan transportasi umum menuju ke sana, membuat provinsi tersebut jadi favorit para wisatawan domestik.

Tentu saja, ada banyak pilihan wisata yang bisa kamu temukan di sana. Mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, bahkan sekadar staycation.

Buat kamu yang berencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun ini ke Yogyakarta, berikut rekomendasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengenai wisata di Yogyakarta dan sekitarnya.

1. Keraton Yogyakarta

Berkunjung ke Keraton, artinya kamu sudah berada di pusat kota Yogyakarta. Letaknya ada di Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Destinasi wisata sejarah dan budaya ini telah berusia ratusam tahun sejak pertama kali didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada 1755.

Tak hanya melihat arsitektur bangunan yang megah, ada banyak hal yang bisa dilakukan di Keraton Yogyakarta. Salah satunya mengunjungi empat museum yang berada di dalamnya, yakni Museum Lukisan, Museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Museum Kereta, serta Museum Batik.

Keraton Yogyakarta buka setiap Selasa sampai Minggu mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Harga tiket masuk Keraton Yogyakarta sebesar Rp15 ribu untuk wisatawan lokal dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak.

2. Taman Sari

Kampung Wisata Taman Sari Jogja (Instagram.com/@wisata_tamansari_yogyakarta)

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Keraton Yogyakarta. Kamu bisa berjalan kaki atau naik becak maupun andong untuk menuju ke Taman Sari. Tempat itu menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Yogyakarta yang terkenal dengan bangunan indah. Dulunya, tempat wisata yang dikelilingi taman dan kolam pemandian ini merupakan tempat rekreasi dan peristirahatan Sultan Hamengkubuwono I, permaisuri, anak-anak, dan para kerabat.

Taman Sari dibuka setiap Senin-Minggu mulai dari pukul 09.00 sampai dengan 15.00. Harga tiket untuk wisatawan lokal sebesar Rp7.500 dan wisatawan asing Rp15 ribu.

3. HeHa Ocean View

Kawasan wisata HeHa Ocean View

HeHa Ocean View termasuk salah satu destinasi wisata yang sedang populer di Yogyakarta. Letaknya ada di area Gunung Kidul. Berkunjung ke sana, kamu bisa melihat keindahan pemandangan laut selatan dari puncak tebing. Jangan lupa untuk berpose di 11 spot foto yang ada di HeHa Ocean View, atau bersantai di tepi kolam dan taman sambil menikmati live music yang syahdu.

Harga tiket masuk HeHa Ocean View saat musim libiran sebesar Rp30 ribu per orang. Tetapi, harga tiket tersebut belum termasuk tarif foto di sejumlah spot serta fasilitas berbayar tambahan lainnya.

4. Gunung Api Nglanggeran

Gunung Api Nglanggeran. (Instagram/@gunungapipurba)

Bila ingin berwisata alam ke gunung yang cocok bagi pemula dan juga anak, Gunung Api Purba Nglanggeran jadi pilihan yang tepat. Berdasarkan sejarah geologi, gunung api purba ini telah berumur tersier atau mencapai 70 juta tahun. Wisatawan dapat mendaki bongkahan-bongkahan batu seukuran raksasa yang menjulang tinggi layaknya gedung bertingkat di kota.

Bila tidak ingin mendaki, kamu bisa menginap di homestay dan tinggal bersama penduduk lokal untuk merasakan suasana pedesaan khas Yogyakarta. Di sana, pengunjung bisa belajar banyak mengenai adat serta budaya Jawa langsung dari masyarakat setempat. Lokasi Desa Wisata Nglanggeran berada di Kabupaten Gunung Kidul yang berjarak 25 km atau sekitar 1 jam perjalanan mobil dari pusat kota Yogyakarta.

5. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Titik Nol Kilometer Yogyakarta - (SUARA/Eleonora PEW)

Kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara, titik nol kilometer Yogyakarta tepat berada di tengah Kota Yogyakarta. Lokasi tugu titik nol kilometer dikelilingi bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi, mulai dari Kantor Pos Indonesia, Gedung Agung, Monumen Serangan 1 Maret, Benteng Vredeburg, hingga Jalan Malioboro. Tentu saja tak perlu keluarkan uang sepeser pun saat datang ke tugu Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Bila ingin mencari cenderamata khas Yogyakarta, bisa mengunjungi Teras Malioboro yang tak jauh dari titik nol. Ada banyak produk ekonomi kreatif yang bisa dijadikan oleh-oleh mulai dari gelang, kerajinan perak, cincin, bakpia, hingga jamu tradisional.