Berikut ini 7 Cara Memaksimalkan Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Kesehatan657 views

Inionline.id – Jalan kaki memang bisa membantu proses penurunan berat badan. Namun, jika ingin hasilnya lebih tokcer, simak cara memaksimalkan jalan kaki untuk menurunkan berat badan berikut ini.

Bukan rahasia lagi, olahraga teratur dibutuhkan jika Anda ingin tubuh tetap sehat dan mendamba berat badan ideal. Jalan kaki jadi pilihan olahraga yang murah dan mudah dilakukan siapa pun.

Mengutip Healthline, jalan kaki bisa membantu membakar kalori. Jalan kaki sepanjang 1,6 kilometer, misalnya, dapat membakar sekitar 100 kalori.

Selain itu, jalan kaki juga mampu menjaga kekuatan otot dan mengurangi lemak perut.

Jalan kaki untuk menurunkan berat badan
Asumsinya, dibutuhkan olahraga yang intens untuk menurunkan berat badan. Padahal, jalan kaki saja sudah cukup.

“Jalan kaki intensitasnya juga rendah sehingga ringan buat persendian. Jalan kaki dengan jalur panjang juga bisa digunakan sebagai sesi berpikir atau meditasi,” ujar Grayson Wickham, pendiri Movement Vault, mengutip dari Women’s Health Magazine.

Berikut cara memaksimalkan jalan kaki untuk menurunkan berat badan.

1. Peregangan sebelum jalan kaki

Wickham menjelaskan, meregangkan dan mengaktifkan otot-otot tertentu sebelum jalan kaki akan membantu mengurangi kemungkinan nyeri dan cedera.

“Jika Anda merasakan nyeri saat berjalan, maka ini jadi tanda tubuh memberi tahu bahwa Anda benar-benar perlu mulai mendedikasikan waktu untuk mobilitas sendi,” ujar Wickham.

2. Menggendong beban

Menambah beban saat berjalan akan menuntut tubuh lebih kuat. Hal ini juga akan menambah intensitas berjalan kaki.

“Biasanya, apa pun yang membuat olahraga lebih menantang akan meningkatkan kalori yang terbakar,” kata Wickham.

3. Sisipkan joging atau lari singkat

Jalan kaki saja tidak akan banyak membakar kalori. Sebaiknya, sisipkan joging atau lari setidaknya 10 detik lalu jalan kaki lagi selama dua menit dan ulangi lagi.

4. Cari jalur menanjak

Untuk membantu meningkatkan pembakaran kalori, pilih jalur menanjak.

Pilihan lainnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk mulai lebih banyak menggunakan tangga manual dibandingkan eskalator atau lift.

5. Fokus pada bentuk dan postur

Selama jalan kaki, perhatikan bentuk dan postur tubuh. Jaga pandangan tetap ke depan agar kecepatan jalan meningkat dan langkah lebih panjang.

Anda juga perlu fokus mengencangkan otot perut dan bokong.

6. Power walk berkala

Power walk secara berkala akan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.

Seperti dikutip dari Medical News Today, coba awali dengan jalan kaki selama 5-10 menit untuk pemanasan. Kemudian, naikkan kecepatannya dan lanjutkan dengan kecepatan yang yang lebih tinggi tapi berkelanjutan selama 10-15 detik sebelum kembali ke kecepatan normal.

7. Tambah jumlah langkah setiap hari

Jalan kaki sebanyak 10 ribu langkah memang membantu menurunkan berat badan sebab ada seribu kalori terbakar.

Namun, Anda tak perlu langsung menghajar 10 ribu langkah sekaligus di saat pertama kali mencoba berjalan kaki. Tetapkan target yang kiranya mampu dicapai dan tingkatkan setiap harinya.

Demikian beberapa cara memaksimalkan jalan kaki untuk menurunkan berat badan