Anies akan Mengembalikan Dunia Pendidikan Indonesia dalam Tiga Sentra

Pendidikan1457 views

Inionline.id – Juru bicara (jubir) Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Indra Charismiadji, mengungkapkan Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan memiliki sejumlah solusi untuk memperbaiki ekosistem pendidikan Indonesia. Anies bakal menawarkan keseimbangan tiga sentra pendidikan.

“Rumah sebagai sentra pendidikan, pergerakan pemuda atau masyarakat sebagai sentra pendidikan, dan sekolah sebagai sentra pendidikan. Tiga ini harus seimbang,” papar Indra dalam diskusi di Posko Pemenangan Anies-Muhaimin, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Menurutnya, saat ini sentra pendidikan Indonesia sangat bertumpu pada sekolah. Hal itu tak bisa terus dilanjutkan.

Indra mengatakan gagasan tersebut pernah dibuktikan Anies saat menjabat sebagai menteri pendidikan. Saat itu, Anies membuat Direktorat Pendidikan Orang Tua di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Waktu itu (Direktorat Pendidikan Orang Tua) ini menjadi langkah penting, sayang sudah dihapuskan lagi. Padahal, ini diperlukan agar orang tua punya kepercayaan diri untuk bisa mendidik anaknya, tidak melepas saja begitu ke sekolah. Bagaimana orang tua dibantu, dilatih untuk anaknya snediri,” tutur dia.