Universitas di Filipina Ini Buka Program S1 Esports

Pendidikan757 views

Inionline.id – Sebuah kampus di Filipina membuat sebuah terobosan di tengah boomingnya industri esports dengan membuka program studi (prodi) Esports untuk S1 atau sarjana.

Lyceum of the Philippines University (LPU) Manila menawarkan mahasiswa S1 untuk mempelajari Esports bukan hanya game saja, tetapi lebih komprehensif  tentang ekosistem esports. Nantinya lulusannya akan mendapat gelar Bachelor of Science (BS) di bidang Esports.

Dikutip dari AFK Gaming, kurikulum S1 Esports ini mencakup kursus produksi dan manajemen esports, serta desain dan pengembangan game, yang memberikan siswa pendidikan menyeluruh yang mencakup aspek teknis dan strategis dari industri game.

Bangun Arena dan Laboratorium

Sebagai bentuk keseriusan LPU dalam mengembangkan prodi ini, mereka juga membangun sebuah arena dan laboratorium. Dua ruangan tersebut dilengkapi dengan teknologi dan fasilitas tercanggih untuk memfasilitasi pengalaman belajar langsung bagi mahasiswa.

Laboratorium dan arena esports bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang mendalam di mana siswa dapat memperoleh wawasan praktis tentang dinamika acara esports, mulai dari produksi hingga manajemen.

Prospek Kerja Lulusan S1 Esports

Dalam sebuah wawancara yang kemudian diberi subtitle dan dibagikan oleh Pinoy Game Store, Dekan Fakultas Teknologi di LPU-Manila Arlene Caballero menekankan pentingnya ekosistem esports dan perlunya para profesional untuk mendukung industri ini dari balik layar.

“Ketika Anda melihat ekosistem Esports, hal ini penting bagi para pemain, tetapi seperti yang Anda lihat, ada banyak orang yang bekerja di backend, terutama dalam event. Esports adalah industri yang sedang berkembang. Kami percaya bahwa sebagai universitas kami harus melayani kesenjangan ini, benar-benar ada kebutuhan untuk memperbaiki bagian backend,” katanya.