Soal Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI, Prabowo Acungkan Jempol

Berita1657 views

Inionline.id – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengacungkan jempol saat ditanya soal sosok Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto yang diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Panglima TNI.

Pada Rabu (1/11) ini, Prabowo dan Agus hadir dalam peresmian Rumah Sakit (RS) Tk. III Salak dr. H. Sadjiman Bogor, Jawa Barat.

Usai acara, Prabowo sempat ditanya mengenai sosok Agus. Ia hanya mengacungkan jempol kepada wartawan dan enggan memberikan jawaban apapun.

Prabowo lalu ditanya lagi soal kapabilitas Agus. Ia kembali mengacungkan jempol.

Sementara itu, Agus mengaku siap menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Panglima TNI. Namun, ia mengaku belum tahu kapan jadwal fit and proper test digelar oleh DPR RI.

“Siap lah. Saya belum dengar kapan fit and proper test,” kata Agus.

Agus menegaskan loyal terhadap Presiden Jokowi. Sebagai prajurit, ia mengaku siap menerima penugasan apapun dari Presiden.

“Saya loyal kepada Panglima tertinggi saya, Presiden, karena sebelum di sini pun, saya ditempatkan di mana saja, pernah di Tim-Tim (Timor-Timor). Saya dulu menyelesaikan (tugas) sampai 1999 terakhir di sana, kemudian di Poso juga. Jadi, saya sebagai prajurit siap ditempatkan di mana saja,” ujar dia.

Jokowi mengusulkan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono. DPR telah menerima surat presiden (surpres) yang berisi nama Agus.

Agus baru beberapa hari menjabat sebagai KSAD. Ia dilantik Presiden Jokowi pada 25 Oktober 2023 menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.