Pameran Budaya Tiongkok Bertema Puisi di Jakarta

Inionline.id – Merayakan 10 Tahun hubungan diplomatik Indonesia – China, ada pameran pariwisata dan budaya dengan konsep puisi di Jakarta. Puisinya pakai bahasa Mandarin nggak ya?

Bukan konsep puisi biasa, pameran pariwisata ini diberi tema Sebuah Puisi Abadi alias A Poem for Ten Thousand Years, yang secara khusus mampu menggambarkan keindahan suasana alam salah satu provinsi di China yakni Zhejiang.

Adapun alasan Zhejiang dipilih karena memiliki kesan dan cerita tersendiri, yaitu dikenal sebagai Jalur Sutra Maritim sehingga hubungan Indonesia dengan China saling berkaitan erat sejak 2000 silam hingga saat ini.

Bahkan menurut Direktur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Zhejiang, Chen Guangsheng, provinsi yang kaya akan keindahan alamnya tersebut bukan hanya terkenal berjasa membuka hubungan diplomatik, tapi juga tersimpan warisan budaya yang kaya dan mendalam.

Pameran pariwisata dan budaya China dengan konsep puisi di Jakarta. (Dini/Suara.com)

“Budaya adalah ikatan yang selalu menghubungkan Zhejiang dengan Indonesia dalam pertukaran dan kerja sama. Ia berharap, kedua daerah ini dapat memanfaatkan pameran tersebut sebagai kesempatan untuk terus memperluas pertukaran budaya di bawah inisiatif Sabuk dan Jalan, mempromosikan pertukaran peradaban, dan meningkatkan kerjasama saling menguntungkan,” ujar Chen Guangsheng dalam rilis yang diterima suara.com, Jumat (17/11/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno yang ikut membuka acara pameran juga mengatakan acara yang berlangsung di Art:1 New Museum, Jakarta sejak 15 hingga 19 November 2023 ini bisa dijadikan sebagai pengingat sejarah hubungan bilateral kedua negara.

Bahkan Sandiaga juga berharap, nantinya produk ekonomi kreatif Indonesia bisa juga diperkenalkan dan dipamerkan di salah satu provinsi ternama China itu. Sehingga harapannya, kerjasama ini juga bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia secara umum dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Secara budaya kedekatan kedua negara ini dari segi, bagaimana kita bisa membangun hubungan bilateral yang lebih kuat,” ujar Sandiaga.

Pameran pariwisata dan budaya China dengan konsep puisi di Jakarta. (Dini/Suara.com)

Adapun pameran pariwisata ini terbagi menjadi tiga bagian Mengapa Zhejiang?, Eksploitasi Karya Alam, dan Dunia Berbagi Cahaya Sama. Pemeran ini dituangkan dalam bentuk gambar dan barang nyata.

Pameran ini akan memperlihatkan sejarah dan kebudayaan Zhejiang yang sudah berusia ribuan tahun, keahlian tak benda, serta simbol budaya seperti sutra, teh, dan porselen.

Di tempat pameran, juga terdapat berbagai kegiatan interaktif yang memperkenalkan kerajinan tradisional Zhejiang seperti alat musik kuno, seni teh jalur sutra, bordir Hangzhou, dan teknik penyambungan kayu.

Pameran ini juga bisa memberikan kesempatan tamu mendapatkan pemahaman mendalam tentang keahlian dan semangat pembuatan barang-barang berkualitas Zhejiang, serta merasakan kekayaan budaya Tiongkok.

Perlu diketahui, Zhejiang merupakan sebuah provinsi di timur laut Tiongkok yang namanya jarang terdengar dibanding Taiwan, Guangdong atau Guangzhou. Berikut ini fakta menarik Zhejiang yang unik dan layak dipelajari:

1. Kota Hangzhou

Hangzhou adalah ibukota Zhejiang, yang terkenal sebagai salah satu kota paling indah di Tiongkok. Danau Barat (West Lake) di Hangzhou adalah salah satu destinasi wisata paling terkenal dengan taman-taman yang indah, pagoda-pagoda kuno, dan jembatan-jembatan batu.

2. Kebudayaan Teh

Zhejiang dikenal sebagai salah satu produsen teh terbesar di Tiongkok. Teh Longjing, atau Teh Air Mancur Naga yaitu salah satu varietas teh hijau paling terkenal yang berasal dari daerah ini. Budaya teh memiliki peran penting dalam sejarah dan kehidupan sehari-hari masyarakat Zhejiang.

Pameran pariwisata dan budaya China dengan konsep puisi di Jakarta. (Dini/Suara.com)

3. Pulau Putuo

Terletak di lepas pantai Zhejiang, Pulau Putuo adalah salah satu dari empat pulau utama Buddha di Tiongkok. Pulau ini adalah tempat ziarah Buddha yang populer dan menawarkan pemandangan alam yang indah.

4. Shaoxing Wine

Shaoxing adalah sebuah kota di Zhejiang, terkenal dengan produksi anggur Shaoxing yang terkenal. Anggur ini digunakan dalam masakan Tionghoa dan juga sebagai minuman tradisional.

5. Budaya dan Warisan Historis

Zhejiang memiliki banyak situs bersejarah dan budaya yang menarik, termasuk kota tua seperti Wuzhen dan Xitang. Wuzhen, misalnya, terkenal dengan kanal-kanalnya yang indah, rumah-rumah tradisional, dan jembatan batu kuno.

6. Ekonomi yang Maju

Zhejiang memiliki ekonomi yang dinamis dan maju. Kota-kota seperti Hangzhou dan Ningbo menjadi pusat teknologi, perdagangan, dan industri. Alibaba, perusahaan e-commerce terkemuka, berbasis di Hangzhou.

7. Jembatan Hangzhou Bay

Jembatan Hangzhou Bay, yang menghubungkan kota Hangzhou dan Ningbo, adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia. Ini memberikan dampak positif terhadap konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

8. Budaya Seruni dan Seni Tradisional

Zhejiang juga memiliki tradisi seni dan budaya yang kaya, termasuk opera seruni dan seni pahat kayu yang terkenal. Seni tradisional ini mencerminkan kekayaan warisan budaya provinsi ini.