Masih Diskon, Selama Desember Harga Tiket Whoosh Hanya Rp200 Ribu

Ekonomi2157 views

Inionline.id – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) masih memberikan tarif promo Kereta Cepat Whoosh selama Desember 2023. Harga tiket Whoosh cuma Rp200 ribu pada hari kerja dan Rp250 ribu untuk perjalanan akhir pekan.

Untuk perjalanan Desember, masyarakat sudah bisa memesan tiketnya mulai 24 November kemarin.

“Senin hingga Kamis, untuk kelas premium economy tiket akan dijual seharga Rp200 ribu. Adapun untuk akhir pekan Jumat hingga Minggu, tiket premium ekonomi dijual seharga Rp250,” kata Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangan resmi, Jumat (25/11).

Seluruh tarif tersebut juga sudah termasuk perjalanan KA Feeder gratis dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung dan sebaliknya.

Ia menjelaskan Whoosh adalah moda transportasi komersial sehingga KCIC menerapkan strategi tarif dinamis (dynamic pricing) dalam penentuan tarifnya.

“Mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season,” kata Dwiyana.

Menurutnya, pendekatan ini memungkinkan KCIC mengoptimalkan layanan, mengelola kapasitas secara efektif, dan mempertahankan standar layanan yang tinggi bagi penumpang.

Pada Desember, KCIC menyediakan 40 perjalanan per hari pada Senin hingga Kamis, kemudian 48 perjalanan per hari pada akhir pekan, yakni Jumat hingga Minggu.

Pada 17 Oktober hingga 22 November 2023, Whoosh telah mengangkut 491 ribu penumpang. Rata-rata penumpang mencapai 21 ribu per hari pada saat weekend, dan 18 ribu per hari pada saat weekday. Adapun untuk okupansinya rata-rata mencapai 80 persen hingga 99 persen pada setiap rangkaian yang dioperasikan.

Untuk kemudahan akses, KCIC juga bekerja sama dengan berbagai operator untuk menghadirkan integrasi antarmoda. Di Stasiun Halim terdapat LRT Jabodebek, Damri tujuan bandara Soekarno Hatta, Transjakarta dan layanan khusus taksi konvensional.

Adapun untuk Stasiun Padalarang terdapat kereta Feeder untuk penumpang menuju Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung.

“Terdapat juga kereta commuterline Bandung Raya dan commuterline Garut yang dapat diakses langsung oleh penumpang kereta Whoosh di Stasiun Padalarang,” imbuhnya.

Sementara untuk Stasiun Tegalluar, akses penumpang semakin dimudahkan melalui pembukaan exit tol KM 149 dan jembatan Cibiru baru untuk menuju Stasiun Tegalluar.

Selain itu terdapat juga layanan Damri tujuan Stasiun Bandung yang melalui masjid Al Jabbar, Stasiun Gedebage, Metro Indah Mall, Trans Studio Mall, JalanAsia Afrika, alun-alun Bandung dan Pasar Baru serta shuttle bus menuju area Summarecon.

Tiket Whoosh bisa dipesan melalui aplikasi Whoosh, web ticket.kcic.co.id, loket, dan Ticket Vending Machine. Bisa juga dari mitra resmi KCIC antara lain aplikasi Access by KAI, Livin by Mandiri, dan BRImo.

“Kini untuk pemesanan tiket bagi masyarakat yang ingin melakukan pemesanan secara rombongan, minimal 20 orang juga semakin mudah, dapat menghubungi WhatsApp Whoosh Group Reservation di 0813-4000-2920 melalui chat,” kata Dwiyana.