Berikut ini Resep Membuat Pie Susu Ala Oleh-oleh Khas Bali

Inionline.id – Pie susu menjadi salah satu pastry favorit masyarakat di Indonesia, bahkan saat ini telah menjadi oleh-oleh khas Bali yang banyak diburu lho. Selain membelinya, ternyata membuatnya di rumah juga cukup mudah lho.

Finalis MasterChef Indonesia Season 2 Chef Beng Budiarso sempat membagikan resepnya dalam acara SIAL Interfood yang berlangsung dari tanggal 8-10 November 2023 di JIEXPO Kemayoran.

Chef Beng mempraktekkan secara langsung pembuatan kreasi tersebut menggunakan produk terbaru Ellenka Professionals, susu bubuk Wellington.

Seperti yang telah diketahui, susu merupakan salah satu bahan baku utama yang jadi penentu rasa dan kualitas produk bakery. Selain meningkatkan rasa, susu juga memberikan aroma dan tekstur pada roti-rotian, pastry, hingga kue-kue kering.

Lemak dan protein yang dikandung susu juga sangat baik untuk membuat adonan lebih mengembang, membuat hasil kue lebih empuk, dan memberikan warna coklat yang cantik pada permukaan kue saat dipanggang.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Berikut resep dan cara membuat pie susu di rumah ala Chef Beng.

Bahan:

300 gr tepung terigu protein rendah

2 sdm susu bubuk Wellington Pro

150 gr margarine

1 butir telur utuh

1/4 sdt garam

1 sdm gula halus

Bahan Filling :

5 butir telur kocok lepas

350 ml Air

70 gr susu bubuk Wellington Pro

1/2 sdt vanila extract

100 gr gula

Cara Membuat:

Untuk kulit pie

1. Campur semua bahan kulit dan aduk rata sampai adonan menjadi lembut.

2. Bungkus dengan cling wrap dan simpan di dalam lemari es selama 15 menit.

3. Setelah 15 menit keluarkan adonan pie dan giling tipis, letakan di dalam loyang. Setelah itu ditekan, tusuk dengan garpu.

4. Panaskan Oven suhu 160 derajat selama 20 menit.

Filling:

1. Panaskan air dan gula, asal larut saja. Diamkan suhu ruang, kocok telur, susu bubuk wellington, lalu vanila extract. Dengan bahan ini, rasa dan aroma khas susu akan lebih kuat, serta adonan akan lebih mengembang karena ringan, dengan partikel yang kecil sehingga pada waktu pencampuran tepung lebih menyatu sempurna.

2. Selanjutnya, tambahkan dalam larutan gula, lalu disaring, Tuang ke dalam pie yang 3/4 matang.

3. Panaskan oven 160 °C panggang 30 menit.