Berikut ini Daftar 5 Tol Gratis Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Ekonomi657 views

Inionline.id – Sejumlah ruas tol di Jawa dan Sumatera bakal dioperasikan secara fungsional alias gratis saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (21/11).

Ia mengatakan sejumlah tol itu bakal dioperasikan demi mendukung kelancaran arus lalu lintas yang kerap meningkat saat musim liburan.

“Di Pulau Jawa ada beberapa tol yang dapat difungsikan saat Nataru. Kita siapkan fungsional juga di Pulau Sumatera apabila diperlukan saat Nataru nanti,” kata Basuki.

Berikut daftar 5 tol yang dioperasikan secara fungsional alias gratis saat Nataru:

1. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan seksi 3 Sadang-Kutanegara

2. Tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom

3. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

4. Tol Bangkinang-Tanjung Alai

5. Tol Binjai-Langsa seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura

Selain ruas tol yang beroperasi secara fungsional, pelebaran jalan atau penambahan satu ruas A dan B di Ruas Tol Cikampek-Palimanan juga sudah diselesaikan untuk mendukung kelancaran arus Nataru 2024.

“Kemudian juga sudah dilakukan pelebaran Jalan Tol Cikampek-Palimanan untuk mengantisipasi dari Cisumdawu km 71 hingga km 85 akan dapat kita manfaatkan untuk Nataru pada H-10,” kata Basuki.