Berikut ini 7 Kebiasaan yang Bantu Cegah Depresi

Kesehatan157 views

Inionline.id – Ada berbagai hal yang bisa membuat Anda depresi. Tapi, ada juga kebiasaan sehari-hari yang bisa membantu mencegah depresi.

Depresi tak pilih-pilih orang. Kondisi yang merusak mental ini bisa dialami siapa saja.

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Fudan di China dan Universitas Cambridge di Inggris menemukan hubungan antara depresi dan gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari.

Menukil Real Simple, para peneliti menganalisis data kesehatan Biobank di Inggris selama sembilan tahun. Total ada 280 ribu data orang dewasa yang diteliti. Data ini digunakan untuk melihat pengaruh kebiasaan sehari-hari dengan risiko depresi.

Hasilnya, para peneliti menemukan ada berbagai gaya hidup yang berisiko menyebabkan depresi. Mulai dari mengonsumsi alkohol, kurang aktif bergerak, kurang tidur, merokok, hingga kehidupan sosial yang tidak aktif.

Kebiasaan yang mencegah depresi

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa menjalani gaya hidup yang lebih sehat bisa menurunkan risiko depresi.

Lantas, kebiasaan apa saja yang bisa mencegah depresi? Berikut beberapa di antaranya.

1. Tidur cukup

Tidur adalah kegiatan yang penting bagi setiap individu. Saat tidur, Anda memberi waktu pada organ tubuh beristirahat atau bekerja lebih lambat.

Tidur cukup minimal 7-8 jam setiap malam dapat menurunkan risiko depresi hingga 22 persen.

2. Berhenti atau tidak merokok sama sekali

Tidak merokok menurunkan risiko terkena depresi hingga 20 persen. Seperti yang diketahui selama ini, rokok memang memiliki hubungan yang ‘mesra’ dengan berbagai penyakit. Penyakit-penyakit ini membuat penderitanya mengalami stres hingga depresi.

3. Memiliki hubungan sosial yang baik

Berhubungan sosial ternyata mengurangi risiko depresi hingga 18 persen. Menukil Everyday Health, menjaga hubungan sosial bahkan menjadi faktor paling protektif terhadap gangguan depresi berulang. Jadi, jangan lupa sediakan waktu singkat untuk kongko bersama teman.

4. Berolahraga

Olahraga bukan hanya membuat tubuh lebih bugar, tapi juga bisa menurunkan risiko depresi hingga 14 persen. Sekurang-kurangnya, cobalah untuk berolahraga 150 menit setiap minggunya.

5. Banyak bergerak

Bergerak atau menghindari gaya hidup sedentari bisa menurunkan risiko depresi hingga 13 persen.

6. Tidak atau membatasi konsumsi alkohol

Tidak mengonsumsi alkohol menurunkan risiko depresi hingga 11 persen. Sama seperti rokok, alkohol juga kerap disandingkan dengan berbagai masalah kesehatan. Dengan demikian, tak ada salahnya menghindari asupan minuman beralkohol.

7. Diet sehat dan tepat

Menjaga pola makan sehat juga bisa jadi salah satu kebiasaan sehari-hari yang mencegah depresi. Diet sehat dapat menurunkan risiko depresi hingga 6 persen.

Banyak bukti yang memperlihatkan bahwa nutrisi yang tepat berperan dalam kesehatan mental.