Berikut ini 4 Olahraga untuk Basmi Perut Buncit, Harus Konsisten Biar Langsing

Kesehatan157 views

Inionline.id – Lengan besar dan perut buncit bisa jadi masalah yang paling menyebalkan, apalagi buat perempuan. Adakah olahraga untuk perut buncit yang efektif?

Ada beragam olahraga untuk hilangkan perut buncit. Hanya saja yang harus paling penting harus dilakukan adalah konsistensi latihan.

Selain itu yang harus disadari adalah seiring bertambahnya usia, penumpukan lemak perut adalah hal yang wajar. Hal ini terjadi karena massa otot yang berkurang karena usia dan bertambahnya lemak.

Tak dimungkiri, ada risiko kesehatan yang mengintai gara-gara perut buncit. Di antaranya adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, masalah pernapasan, sampai penyakit jantung.

1. Latihan aerobik atau kardio

Beberapa latihan kardio aerobik yang bagus untuk lemak perut meliputi: berjalan, terutama dengan langkah cepat, berlari, bersepeda, mendayung, renang, bersepeda, kelas kebugaran kelompok.

Mengutip WebMD, studi menunjukkan bahwa latihan aerobik untuk lemak perut membantu mengurangi lemak perut dan lemak hati. Langkah pertama Anda dalam membakar lemak visceral adalah memasukkan setidaknya 30 menit latihan aerobik atau kardio ke dalam rutinitas harian.

2. HIIT

Penelitian menunjukkan bahwa latihan HIIT untuk lemak perut membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan kondisi fisik Anda secara keseluruhan.

Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) dan latihan interval adalah rutinitas olahraga yang menggunakan latihan intens singkat yang dicampur dengan gerakan intensitas rendah dan waktu istirahat.

Beberapa latihan HIIT yang dapat dicoba oleh semua tingkat kebugaran dan usia adalah jumping jack, burpes, push-up, jump squats, high knees.

3. Weight and Resistance Training

Ini juga termasuk olahraga untuk perut buncit. Latihan beban juga merupakan bagian penting dalam membakar lemak perut.

Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak saat tubuh beristirahat, memiliki lebih banyak otot dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak.

Para peneliti juga menemukan bahwa latihan ketahanan (resistance), termasuk latihan beban, dapat meningkatkan berat badan tanpa lemak, sekaligus mengurangi lemak, dan pada saat yang sama dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Beberapa latihan beban untuk lemak perut yang perlu dimasukkan dalam rutinitas Anda adalah bicep curls, lunges, squats, tricep kickbacks.

4. Latihan perut

Latihan-latihan ini bagus untuk orang-orang dari segala usia.Beberapa latihan perut untuk mengecilkan perut yang bisa Anda coba di rumah antara lain 60-second planks, bicycle crunches, abdominal crunches, dan leg lifts.

5. Latihan perut bawah

Latihan perut bawah atau lower ab workouts menargetkan bagian-bagian penting dari perut bagian bawah dan memperkuatnya untuk meningkatkan postur, stabilitas, dan keseimbangan dalam aktivitas sehari-hari.

Beberapa gerakan olahraga untuk perut buncit antara lain sit up, mountain climbers, lying leg raises, crunches, scissor kicks,knee tucks, sampai toe touches.