Amankan Gelaran Piala Dunia U-17, Polri Kerahkan 13.246 Personel

Berita1757 views

Inionline.id – Selama pelaksanaan Piala Dunia U-17 selama 10 November hingga 2 Desember 2023, Mabes Polri mengerahkan total 13.246 personel.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan operasi terpusat itu bakal dilakukan oleh sejumlah wilayah hukum mulai dari Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah hingga Polda Jawa Timur.

“Adapun jumlah personel yang dilibatkan berjumlah 13.246. Rinciannya, di tingkat Mabes Polri sebanyak 415 personel dan Polda jajaran 12.832 personel,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/11).

Sandi mengatakan operasi terpusat dengan nama sandi Aman Bacuya-2023 dilaksanakan dengan harapan perhelatan Piala Dunia U-17 dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Ia memastikan seluruh personel yang ditugaskan dalam operasi tersebut dapat mengantisipasi seluruh potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang dapat terjadi.

“Tujuan operasi ini menjamin keamanan penyelenggaraan FIFA U17 World Cup Tahun 2023, aman, tertib dan lancar,” jelasnya.

Sandi menjelaskan prosesi pengamanan bakal dilakukan terhadap seluruh pihak terkait mulai dari tamu VVIP, VIP, Offisial, Pemain, Wasit hingga seluruh Panitia FIFA U-17 World Cup Tahun 2023.

Ia menambahkan pengamanan bakal difokuskan terhadap sejumlah tempat seperti lokasi upacara pembukaan atau opening ceremony, lokasi pertandingan baik dari fase grup hingga final dan tempat penutupan.

“Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif didukung penegakan hukum dan kehumasan dalam rangka memelihara kamtibmas untuk menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan penyelenggaraan FIFA U17,” pungkasnya.

Terdapat 4 stadion yang digunakan dalam Piala Dunia FIFA U-17 ini, yakni: Jakarta Internasional Stadion (JIS), Jakarta; Glora Bung Tomo, Surabaya; Stadion Manahan, Solo dan; Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengaku telah berkoordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir terkait perhelatan Piala Dunia U-17.

Ia mengatakan nantinya pengamanan akan dilakukan mulai dari tahap kedatangan timnas masing-masing peserta Piala Dunia U-17, pertandingan, hingga kepulangan peserta.

Listyo mengatakan nantinya juga akan dilakukan proses asesmen terhadap seluruh stadion yang akan digunakan dalam pertandingan Piala Dunia U-17. Proses asesmen tersebut, kata dia, juga termasuk rencana pengamanan dan evakuasi terhadap para pemain maupun penonton.

“Tentunya kita juga akan minta untuk dilakukan pengecekan, evaluasi, langsung oleh FIFA sehingga pada saat pelaksanaannya nanti bisa sesuai dengan standar,” jelasnya.

“Prinsipnya Polri mendukung pelaksanaan U-17 agar betul-betul berjalan aman, lancar, sukses, serta membawa harum nama bangsa Indonesia,” imbuhnya.