3 Prodi di UGM Berhasil Meraih Akreditasi Internasional ASIIN

Pendidikan1057 views

Inionline.id – Sebanyak tiga program studi (prodi) di Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mendapatkan akreditasi dari lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) dari Jerman. Ketiga prodi tersebut adalah S2 Biologi, S2 Bioteknologi, dan S3 Ilmu Komputer.

Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas UGM, Indra Wijaya Kusuma, mengungkapkan UGM melaksanakan akreditasi internasional untuk program studi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan reputasi. Saat ini, tercatat ada 59 program studi telah mendapatkan akreditasi internasional.

“Tiga di antaranya baru saja diperoleh dari akreditasi internasional ASIIN, yaitu untuk prodi S2 Biologi, S2 Bioteknologi, dan S3 Ilmu Komputer,” papar Indra dikutip dari laman ugm.ac.id, Rabu, 1 November 2023.

Dia menyebut bersamaan dengan tiga prodi yang mendapatkan akreditasi ASIIN, terdapat lima prodi yang juga mendapatkan perpanjangan atau reakreditasi dari ASIIN. Kelima prodi tersebut, yakni S1 Biologi, S1 Ilmu dan Industri Peternakan, S1 Ilmu Komputer, S1 Matematika, serta S1 Statistika.

Indra mengatakan saat ini UGM juga tengah menunggu hasil akreditasi untuk empat program studi lain dari ASIIN dan FIBAA.

“Dengan diperolehnya akreditasi internasional, maka prodi diharapkan dapat meningkatkan jumlah mahasiswa asing sejalan dengan peningkatan kualitas yang berkelanjutan,” jelas dia.

Dekan FMIPA UGM, Kuwat Triyana, bersyukur prodi S3 Ilmu Komputer mendapat akreditasi ASIIN. Dia berharap prodi S3 Ilmu Komputer terus unggul dan diakui secara global.
Selain itu, prodi dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam perkembangan ilmu komputer dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan.

“Terima kasih kepada universitas dan semua pihak yang telah memberikan dukungan luar biasa dalam perjalanan kami menuju keberhasilan ini,” tutur dia.

Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi Setiadi Daryono, mengatakan Fakultas Biologi UGM memiliki visi dan misi untuk memiliki keunggulan di bidang biologi tropika dan reputasi serta rekognisi internasional. Pihaknya memprioritaskan prodi S2 Biologi memenuhi standar internasional melalui akreditasi ASIIN.

“Pencapaian akreditasi internasional ASIIN tersebut merupakan langkah penting dan strategis dalam mengembangkan keilmuan khususnya bidang Biologi Tropika di Indonesia dan dunia,” ujar dia.

Budi menjelaskan akreditasi internasional ASIIN yang diperoleh prodi S2 Biologi Fakultas Biologi UGM merupakan yang pertama kali untuk bidang Biologi di Indonesia. Pencapaian ini akan menjadi role model dan percontohan bagi prodi-prodi S2 Biologi di PTN/PTS lainnya di Indonesia.

Dekan Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM, Siti Malkhamah, menyebut raihan akreditasi prodi S1 Bioteknologi di SPS UGM menjadi capaian yang sangat membanggakan. Terlebih, dalam akreditasi internasional ASIIN yang pertama, prodi S2 bioteknologi langsung mendapatkan akreditasi selama 6 tahun.

“Sekolah Pascasarjana menghaturkan terima kasih kepada pimpinan universitas dan berbagai fakultas yang telah mendukung Prodi Magister Bioteknologi. Semoga kesuksesan prodi ini segera disusul oleh prodi-prodi yang lain,” papar dia.

ASIIN merupakan akreditasi berbasis luaran (Outcome Based Accreditation). Hal penting yang harus ditunjukan adalah program sudah mengimplementasikan pendidikan berbasis luaran (Outcome Based Education/OBE) dengan menunjukan evaluasi ketercapaian luaran program (Program outcome) dan institusi menunjukan komitmennya dalam memfasilitasi implementasi OBE.