Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Dipimpin Langsung Presiden Jokowi

Headline, Nasional357 views

Inionline.id – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (1/10).

Jokowi dan istrinya, Iriana, tiba di Monumen Sakti pada 07.54 WIB. Presiden RI itu menjadi inspektur upacara di peringatan Hari Kesaktian Pancasila hari ini.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan istrinya, Wury Estu Handayani, juga tampak hadir di waktu yang sama.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) tampak hadir lebih dahulu. Mereka di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Martim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,

Selain itu ada pula Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartato dan Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Wakil Menteri juga tampa menghadiri peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023.

Di lapangan tampak pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Indonesia merayakan Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan Presiden Soeharto setelah peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI pada 1965.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk mengenang Pancasila sebagai dasar negara yang selalu teguh meski ada upaya untuk menjatuhkannya.

Peringatan ini juga sebagai tanda penghormatan untuk para pejuang yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI.