Uang Rp 4,8 Juta Amsyong Gegara Keselek Tulang Ikan

Inionline.id – Alih-alih perut kenyang, mantan atlet badminton malah kudu merogoh kocek hingga jutaan rupiah cuma gara-gara keselek tulang ikan. Peristiwa nahas tersebut terjadi kepada Tan Boon Heong, mantan atlet tepok bulu asal Malaysia.

Peristiwa tersebut diunggah ke akun jejaring sosial Facebook miliknya, Selasa (17/10/2023) malam. Boon Heong menyebut insiden itu ‘Unlucky Tuesday’ alias ‘Selasa Sial’. Bukan cuma itu, Boon Heong pun menjelaskan duduk masalahnya.

Mulanya, dia menikmati menyantap ikan kukus yang tidak bisa dibilang murah. Harga seporsinya 34 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 113 ribu. Siapa nyana, peristiwa berikutnya malah bikin dompetnya kedodoran.

Seperti diketahui, tulang ikan bisa menjadi sangat tersembunyi jika kamu tidak memperhatikan secara seksama. Dan, Boon Heong tak sengaja menelan duri ikan. Awalnya, dia merasa tidak apa-apa. Tapi, ternyata dia membutuhkan penanganan medis akibat ‘ketulangan’.

Walhasil, Boon Heong bergegas mengunjungi salah satu rumah sakit yang terletak di bilangan Klang Valley untuk mendapatkan penanganan medis guna mengangkat tulang ikan tersebut. Hasilnya, duri berhasil diangkat. Tapi, tagihan rumah sakit lumayan bikin dia tercekat.

Santapan ikan.(Facebook/Tan Boon Heong)

“RM 1.453,60 + RM 45 = hancur (secara finansial). Jika kamu terburu-buru, hindari makan ikan. Jika kamu mau menyantap ikan, santai aja,” kata Boon Heong di unggahan Facebook miliknya seperti dikutip Suara.com, Kamis (19/10/2023).

Terlepas dari tagihan tersebut, Boon Heong memilih untuk mengklaim melalui agen asuransinya. Ya, mereka yang pernah ‘ketulangan’, imbuh Boon Heong, pasti memiliki derita dan ketakutan yang serupa, ketika ada tulang ikan menyangkut di tenggorokan.

Melalui unggahannya pada 18 Oktober 2023, Boon Heong membagikan foto lain ketika dia menyantap semangkuk sop ikan.

“Tetap menyantap ikan. Belajar dari kesalahan. Selamat hari Rabu, semuanya,” tulis Boon Heong.

Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan

Ada beberapa cara potensial yang dapat dicoba seseorang di rumah untuk dapat membantu menghilangkan tulang ikan tanpa intervensi medis. Namun, penerapan cara berikut bagi setiap orang berbeda dan hasil dapat bervariasi.

Berikut cara menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan yang bisa dicoba di rumah melansir dari Medical News Today:

1. Batuk dengan paksa.
2. Minum sedikit campuran cuka untuk membantu memecah duri dengan asam.
3. Minum soda. Gas yang dihasilkan di perut dapat membantu memecah duri ikan.
4. Minum 1 sendok makan minyak zaitun untuk membantu melumasi dan membebaskan duri dari tenggorokan.
5. Menelan sepotong pisang besar. Pisang mungkin akan menempel pada duri ikan dan mengeluarkannya dari tenggorokan.
6. Ambil sepotong roti dan selai kacang yang bisa membantu mengendurkan duri ikan.
7. Rendam roti dalam air selama beberapa detik, lalu telan sepotong roti besar. Cara ini bisa membuat duri ikan copot.
8. Kunyah sebagian marshmallow besar dan telan utuh. Kelengketan dapat membantu melonggarkan duri dari tenggorokan.

Jika duri ikan tetap tersangkut di tenggorokan dan muncul gejala seperti nyeri di dada, bengkak, tidak bisa makan minum serta meneteskan air liur, segera dapatkan pertolongan medis.