Ini 7 Tips Biar Cepat Paham Materi Pelajaran

Pendidikan357 views

Inionline.id – Sudah laman duduk di meja belajar, bolak balik mengulang pelajaran di halaman yang sama, tapi belum juga paham isi materinya? Biasanya, hal ini karena konsentrasi kamu terdisrupsi oleh gangguan di sekitar, seperti bolak-balik mengecek handphone, suara televisi, atau ada ajakan bermain dari adik kecilmu,

Tidak dipungkiri, belajar memang salah satu kegiatan yang membutuhkan konsetrasi tinggi dan suasana yang mendukung.  Semua hambatan dalam belajar ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah jika Sobat Medcom tahu cara memahami materi pelajaran dengan baik.

Berikut cara memahami materi pelajaran dengan cepat:

1. Buat mind map-mu sendiri

Melansir artikel Zenius, salah satu cara untuk memahami materi pelajaran adalah dengan membuat mind map terlebih dahulu. Mind map adalah sebuah kerangka yang dibuat dengan cara mengelompokkan beberapa ide dalam bentuk visual atau gambar untuk membantu mengingat dan memahami dari setiap kerangka materi yang ada.

Contohnya begini, jika kamu sekarang sedang duduk di kelas 12, dan sedang belajar Fisika, kamu bisa bikin mind mapping materi Geografi yang kamu sedang pelajari. Banyak lho tools gratisan berbasis web yang bisa kamu gunakan untuk membuat mind map, misalnya MindMup, XMind, atau bahkan Canva.

2. Membuat catatan kecil

Kalau cara ini sebenarnya sudah tidak asing lagi ya buat sebagian orang. Yap, membuat catatan kecil.  Karena sering kali ketika kita guru sedang menerangkan materi pelajaran di kelas, ada baiknya kamu mencatat hal-hal kecil yang menurutmu penting dan menjadi poin dari bahan yang dijelaskan.

Dengan begitu, akan membantumu untuk mengingatnya kembali di kemudian hari. Catatan catatan kecil yang terkumpul akan memudahkanmu dalam mengingat suatu materi.

Kalau perlu, tidak ada ruginya jika kamu menyiapkan satu buku khusus untuk mencatat poin poin penting pelajaran tersebut.  Ternyata, cara ini efektif lho ketimbang kamu memaksakan diri untuk menghafal seluruh materi dalam setiap mata pelajaran.

3. Ambil ‘pena penyorot’, highlight poin-poin penting

Poin-poin penting dalam materi pelajaran juga dapat kamu highlight dengan pena penyorot. Menggaris bawahi hal-hal penting dalam setiap materi akan membantumu untuk semakin mudah memahami maksud atau poin dari materi yang disampaikan oleh bapak/ibu guru.

Kalau tidak ada pena penyorot berwarna warni, kamu juga bisa menggarisbawahi poin penting dengan pulpen kok.  Prinsipnya, dengan menandai poin-poin penting tersebut, dapat mempermudah mau membaca kembali atau bahkan mengingat hal-hal penting dalam pelajaran.

Jadi, kamu enggak perlu bolak-balik membaca halaman demi halaman secara menyeluruh saat belajar. Dari poin tersebut, akan terbentuk kerangka dan menjadi sebuah konsep, sehingga kamu akan bisa memahami gambaran besar dari materi yang sedang dipelajari.

4. Jangan malas, ayo sering latihan soal!

Belajar sebanyak dan sesering apapun, kalian tidak akan jago kalau tidak dibarengi dengan latihan soal karena belajar teori saja tidak akan cukup. Sobat Medcom perlu mengerjakan latihan soal untuk terus mengasah otak dengan baik supaya mampu memahami materi yang sudah diajarkan oleh bapak/ibu guru.

5. Cari teman belajar, tapi jangan malah asyik ngobrol yaa

Salah satu penyebab kurang memahami materi pelajaran juga karena kamu merasa buntu dalam memahami materi-materi tertentu. Akibatnya, kebuntuan itu membuatmu bosa belajar.

Untuk mengatasi hal ini, coba deh kamu mencari teman belajar untuk menghilangkan rasa bosan tersebut. Ketika punya banyak teman belajar, kamu juga bisa melakukan brainstorming atau diskusi satu sama lain dan menanyakan materi-materi yang sulit dimengerti.

Secara tidak langsung, wawasanmu akan bertambah karena mendapatkan ilmu-ilmu baru dari teman-teman. Tapiii, kalau sudah ada temen belajar, jangan malah kebanyakan ngobrol yaaa!

6. Buat jadwal belajar

Sering banget kita merasa nggak punya waktu buat belajar karena sibuk bermain dengan teman, handphone, ataupun hal-hal lain yang mengganggu kita untuk mulai belajar. Akibatnya, aktivitas belajar pun bisa lewat begitu saja dalam satu hari.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat jadwal belajar harian. Saat membuat jadwal belajar, pastikan waktu yang produktif bagi kamu untuk menyerap ilmu baru. Misalnya, kamu lebih produktif belajar saat malam hari. Nah, di malam hari tersebut buat jadwal belajar sekitar 1-2 jam sesuai dengan kemampuan otakmu.

7. Cari sumber/referensi belajar

Cara memahami materi pelajaran dengan cepat selanjutnya yaitu sering-sering mencari sumber referensi belajar. Di era digital saat ini, kamu bisa mencari sumber/referensi belajar dari mana saja, khususnya di internet.

Ada banyak sekali website, YouTube, ataupun platform belajar digital yang menyediakan video materi pelajaran yang dikemas dengan menarik.

Dari tujuh cara tersebut, kira-kira mana nih yang bakal kamu coba duluan? Kasih tahu ya, cara mana yang paling efektif buat kamu. Selamat mencoba!

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia.