Bersama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Tembus 20 Kemenangan

Inionline.id – Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia menghajar Brunei Darussalam sebanyak dua kali. Pelatih Korea Selatan itu pun menembus 20 kemenangan bersama Skuad Garuda.

Pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia memetik kemenangan besar atas Brunei. Pada dua leg pertandingan, tim Merah-Putih mengalahkan Tebuan dengan skor identik 6-0.

Dalam catatan Transfermarkt, Shin Tae-yong sudah menorehkan 20 kemenangan dalam 36 laga bersama Timnas Indonesia. Dalam 16 laga lainnya, Indonesia dibawa Shin Tae-yong mencatatkan sembilan hasil imbang dan menelan kekalahan.

Dari semua laga Indonesia bersama Shin Tae-yong, berikut ini daftar data-fakta menariknya disarikan dari Transfermarkt.

1. Kemenangan Terbesar
Indonesia dibawa Shin Tae-yong memetik beberapa kemenangan besar. Skor paling besar yang pernah digapai Shin tae-yong bersama Indonesia adalah 7-0.

Indonesia membukukan itu dua kali. Kemenangan atas Brunei di Piala AFF 2022 dan atas Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 menjadi catatan emas Shin Tae-yong bersama Indonesia.

2. 10 Clean Sheet
Indonesia bersih dari kebobolan dalam tiga pertandingan terakhir. Selain melawan Brunei, Indonesia juga tak kebobolan saat menang atas Turkmenistan dengan skor 2-0.

Bersama Shin Tae-yong sejak Mei 2021, Indonesia baru sudah menorehkan sebanyak 10 clean sheet.

3. Kekalahan Terbesar
Kekalahan terbesar Indonesia bersama Shin Tae-yong skornya 0-4. Indonesia menelannya dua kali bersama pelatih 53 tahun itu.

Kekalahan telak pertama didapat Indonesia dari Vietnam saat bertanding di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 7 Juni 2021. Sementara kekalahan telak kedua didapat Indonesia dari Thailand pada leg I final Piala AFF 2020 pada Desember 2021. Sudah ada 41 gol ke gawang Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

4. Pemain Paling Subur
Witan Sulaeman menjadi pemain paling subur di Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong dalam data yang dilansir oleh Transfermarkt. Baby Shark membukukan sembilan gol dan delapan assist dalam 31 pertandingan.

Egy Maulana Vikri ada di posisi kedua sebagai pemain terproduktif di bawah Shin Tae-yong. Dia mencatatkan tujuh gol dan satu assist.

5. Pemain Paling Banyak Main
Ada dua nama yang paling sering dimainkan oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam Bahar sudah mencatatkan 32 caps bersama tim Merah-Putih bersama Shin Tae-yong.