Berikut ini 7 Cara Mengobati Kutu Air di Sela Jari Kaki dengan Bahan Sederhana

Kesehatan457 views

Inionline.id – Cara mengobati kutu air di sela jari kaki dapat dilakukan dengan bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah, mulai dari bawang putih, baking soda, sampai bedak talek.

Kutu air adalah masalah kulit yang umum terjadi di sela jari kaki akibat infeksi jamur. Penyakit ini juga dikenal sebagai athlete’s foot atau tinea pedis dalam bahasa medis.

Ketika mengalami kutu air, penderitanya akan merasakan nyeri, gatal, sensasi terbakar, dan muncul ruam-ruam pada sela jari. Pada beberapa kasus, penderita kutu air akan mengalami rasa lecet yang menyakitkan.

Dilansir dari Mayo Clinic, umumnya kutu air terjadi karena kulit kaki tidak bersih dan lembap atau tidak kering sehingga memicu pertumbuhan jamur yang senang berada di daerah lembap.

Biasanya, kutu air bisa terjadi pada orang yang sering beraktivitas di dalam genangan atau rendaman air. Apalagi jika airnya tidak bersih.

Selain itu, bisa juga karena penderita sering berkeringat sehingga kaki jadi lembap. Salah satu penyebab kaki berkeringat adalah kaus kaki dan sepatu yang terlalu ketat atau sempit.

Cara mengobati kutu air di sela jari kaki

Berikut cara mengobati kutu air di sela jari kaki dengan bahan-bahan sederhana, dikutip dari laman Medical News Today.

1. Bawang putih

Bawang putih telah populer sebagai salah satu bahan dapur yang dapat digunakan untuk pengobatan tradisional, termasuk mengatasi kutu air. Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa ajoene yang bersifat antijamur.

Caranya pun mudah. Mulailah dengan menghaluskan sekitar 4-5 siung bawang putih, kemudian gosokkan ke area kutu air. Cara ini dapat dilakukan dua kali sehari.

Selain itu, dapat pula dengan mencampurkan 4-5 siung bawang putih yang telah dihaluskan ke sebaskom air hangat.

Lalu, rendam kaki yang terdapat kutu air selama 30 menit. Lakukan cara ini dua kali sehari sampai seminggu ke depan.

2. Baking soda

Cara mengobati kutu air di sela jari kaki berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Studi menunjukkan bahwa baking soda memiliki kandungan antijamur bila digunakan pada kulit.

Caranya, campurkan setengah cangkir baking soda ke dalam baskom berisi air hangat. Kemudian, rendam kaki selama 15-20 menit sebanyak dua kali sehari. Setelah selesai, keringkan kaki tanpa perlu dibilas terlebih dahulu.

3. Tea tree oil

Selain baking soda, studi juga menyatakan bahwa tea tree oil atau minyak pohon teh dapat meredakan penyakit kutu air di sela jari kaki karena memiliki kandungan antibakteri dan antijamur.

Namun, jangan menggunakan tea tree oil secara langsung ke kulit karena justru dapat mengiritasi. Caranya, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak kelapa atau zaitun. Kemudian, oleskan ke daerah yang terjangkit kutu air sebanyak dua kali sehari.

4. Garam laut

Sea salt atau garam laut juga bersifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat digunakan untuk pengobatan kutu air. Kandungan tersebut dapat menghambat pertumbuhan kutu air.

Caranya, larutkan secangkir garam laut ke baskom berisi air hangat. Selanjutnya, rendam kaki sekitar 20 menit. Jangan lupa keringkan kaki usai berendam.

5. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida juga efektif untuk membunuh jamur di permukaan kaki. Bahkan, campuran hidrogen peroksida dan yodium dapat mendisinfeksi luka.

Caranya, tuangkan hidrogen peroksida ke area kutu air. Namun perlu diingat, hal ini mungkin akan menimbulkan sedikit rasa perih. Tetapi masih aman untuk digunakan dua kali sehari sampai infeksi mereda.

Cara lain dengan mencampurkan hidrogen peroksida dengan yodium ke dalam sebaskom air. Lalu, rendam kaki atau gunakan kapas untuk mengoleskan cairan ke area kutu air.

6. Alkohol

Alkohol yang selama ini digunakan untuk membersihkan luka rupanya dapat pula digunakan untuk mengobati kutu air di sela jari kaki. Ini karena alkohol mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman dan jamur.

Caranya, oleskan alkohol langsung ke area kutu air atau campurkan alkohol dengan baskom berisi air dengan perbandingan 70:30. Kemudian, rendam kaki selama 30 menit dan keringkan.

7. Bedak talek

Bedak talek atau bedak bayi juga dapat digunakan untuk mengobati kutu air karena dapat membuat area tersebut tetap kering, bersih, dan tidak lembap.

Dengan begitu, kaki tidak keringat berlebih dan jamur sulit berkembang. Caranya pun mudah, cukup taburkan bedak talek atau bedak bayi ke area kutu air.

Itulah beberapa cara mengobati kutu air di sela jari kaki. Semoga membantu.