Berikut ini 5 Tips Memaksimalkan Olahraga Treadmill

Kesehatan157 views
Inionline.id – Treadmill adalah salah satu alat favorit bagi pegiat olahraga. Karena aktivitas ini cukup mudah untuk digunakan selama berjam-jam di rumah. Terlebih saat ini, alat treadmill memiliki berbagai teknologi yang memudahkan.

Anda bisa memulainya dengan berjalan pada kecepatan lambat lalu naikkan kecepatan secara perlahan. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambahkan kecepatan sampai ke tahap di mana Anda harus berlari.

Sebagai pemula, rekomendasi durasi yang tepat adalah sekitar 15-20 menit dan dilakukan 3 kali seminggu. Kemudian, Anda bisa meningkatkan durasi menjadi 30 menit, 45 menit atau bahkan sampai 60 menit per hari.

Salah satunya Kingsmith walkingpad R1 PRO yang dilengkapi beragam fitur, hingga memungkinkan Anda membakar lebih banyak lemak saat digunakan selama 30-45 menit. Nah untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan treadmill sebagai aktivitas olahraga, berikut yang bisa Anda lakukan.

1. Memahami teknik penggunaan sesuai kebutuhan

Untuk bisa memaksimalkan latihan yang dilakukan, ketahui dulu berat badan hingga kondisi tubuh, seperti kondisi jantung dan hal lain untuk memastikan penggunaan alat sesuai kebutuhan dan dengan metode yang benar. Baru sesuaikan dengan alat treadmill.

2. Lakukan pemanasan yang benar

Anda bisa mengawali olahraga dengan pemanasan sekitar 5-10 menit, yakni dengan meregangkan otot kaki dan tangan dengan menggunakan gerakan sederhana, seperti menggerakkan pergelangan kaki maupun gerakan relaksasi lainnya.

Jika Anda termasuk pemula yang baru mengetahui cara menggunakan treadmill, jangan langsung mengubah kecepatan treadmill ke kecepatan tinggi. Anda bisa membiasakan dulu tubuh Anda dengan kecepatan rendah seperti untuk kegiatan jalan kaki.

3. Cukupi kebutuhan air tubuh

Olahraga treadmill mampu membakar lemak dengan baik, tentunya didukung pula dengan mencukupi kebutuhan air agar tidak dehidrasi. Anda bisa mengatur waktu untuk olahraga di pagi atau di sore hari dengan tetap menyediakan air sekitar 2L di sekitar alat.

4. Kombinasikan gerakan lari dan jalan

Umumnya pada alat olahraga treadmill ada incline mode yang membuat penggunanya bisa mengkombinasikan kecepatan jalan dan lari disaat yang hampir bersamaan dengan menggunakan tanjakan.

Namun demikian, lakukan cara ini hanya ketika Anda sudah terbiasa dengan setting kecepatan yang ada di Kingsmith walkingpad R1 PRO. Anda bisa berjalan di 10 menit pertama, lalu menambah kecepatan di menit berikutnya secara perlahan.

5. Lakukan latihan yang nyaman menurut diri sendiri

Dengan keistimewaan alat treadmill, Anda bisa mendapatkan tubuh ideal ketika menggunakan alat ini dengan tipe latihan yang nyaman menurut diri Anda sendiri. Anda bisa berolahraga sambil memutar musik, menonton drama kesukaan, atau menyalakan aromaterapi di sekitar treadmill.