Berikut ini 5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bikin Wajah Bengkak

Kesehatan157 views

Inionline.id – Bangun dengan wajah bengkak di pagi hari bisa membuat mood rusak seharian karena penampilan jadi tidak maksimal. Alih-alih terjadi tiba-tiba, bisa jadi Anda melakukan kebiasaan tertentu di malam hari yang menyebabkan wajah bengkak.

Tentunya menyebalkan saat Anda bangun tidur dengan wajah yang membengkak. Padahal, Anda mungkin memiliki agenda penting dan harus bertemu dengan banyak orang.

Wajah bengkak tentu tidak terjadi tiba-tiba. Pasti ada penyebab yang bisa membuat wajah bengkak dan mungkin dilakukan tanpa sengaja oleh Anda di malam sebelumnya.

Tapi apa sebenarnya yang membuat wajah bengkak? Berikut beberapa penyebabnya, agar Anda bisa menghindari melakukannya di malam hari:

1. Makan asin dan manis terlalu banyak di malam hari

Makan pizza, mi instan, bakso, mi ayam, minuman boba, kopi susu kekinian memang enak. Apalagi dilakukan malam hari sambil menonton episode terbaru drama Korea.

Tapi, kebiasaan ini justru buruk. Melansir Livestrong, natrium atau gula dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan retensi cairan. Hal inilah yang membuat wajah Anda bengkak di pagi hari.

2. Minum alkohol sebelum tidur

Ada efek yang cukup besar saat alkohol diminum sebelum tidur. Alkohol bisa menyebabkan retensi cairan. Efeknya wajah jadi bengkak saat bangun di pagi hari.

3. Tidur terlalu lama

Tidur memang baik untuk kesehatan. Tapi, terlalu banyak tidur justru bisa membuat wajah Anda bengkak. Tidur terlalu lama bisa menyebabkan cairan menumpuk di wajah.

Selain itu, tubuh Anda juga bisa menahan banyak cairan. Pasalnya, saat tidur secara tidak sadar Anda menahan buang air kecil.

4. Tidak membersihkan makeup

Rasa lelah bisa membuat Anda lupa membersihkan makeup di wajah, tapi ini berbahaya. Melansir Medical News Today, tidur dengan riasan dapat menyebabkan reaksi kulit yang disebut dermatitis kontak.

Semua ini bisa menyebabkan kemerahan, iritasi, atau bengkak pada wajah dan mata.

5. Menstruasi

Menstruasi ternyata bisa memicu retensi cairan. Efeknya beberapa orang mengeluh mengalami wajah bengkak selama periodenya.

Tapi, biasanya sebelum menstruasi, seseorang mungkin merasakan bengkak di wajah saat bangun tidur.

Itulah kebiasaan malam hari yang bisa membuat wajah bengkak. Sebaiknya Anda hindari.