Berikut ini 5 Kebiasaan Baik di Malam Hari yang Bantu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kesehatan157 views

Inionline.id – Apa yang Anda lakukan di malam hari turut memengaruhi kesehatan otak Anda. Simak kebiasaan baik di malam hari agar otak sehat dan ingatan tajam.

Kesehatan otak tak hanya soal nutrisi, tapi juga kebiasaan Anda mulai dari bangun hingga tidur.

Di malam hari, tidur jelas memainkan peranan penting dalam kesehatan secara keseluruhan termasuk kesehatan otak.

Tapi tak cuma tidur, ada beberapa kebiasaan lain di malam hari yang bisa ikut meningkatkan kecerdasan otak. Apa saja?

1. Jauhkan ponsel setidaknya 2 jam sebelum tidur

Meski disebut ponsel pintar (smartphone), benda ini bisa membuat Anda semakin bodoh. Studi yang diterbitkan di Journal of The Association for Consumer Research menemukan, ponsel yang berada dalam jangkauan mengakibatkan ‘brain drain’.

Ponsel mampu mengurangi kapasitas kognitif, termasuk memori kerja, pembelajaran, penalaran logis, pemecahan masalah, dan kreativitas.

Setidaknya jauhkan diri dari ponsel sebelum tidur untuk menghindari paparan cahaya biru (blue light). Blue light akan menekan melatonin atau hormon yang menyebabkan kantuk.

Penggunaan ponsel berdekatan dengan jam tidur akan membuat Anda merasa lebih waspada dan alam mimpi jadi sulit dipahami.

2. Baca buku

Kalau tidak memegang ponsel, lalu apa yang bisa dilakukan? Anda bisa membaca buku sebelum tidur. Membaca terbukti mampu menenangkan otak dan meningkatkan kecerdasan.

“Membaca secara konsisten terbukti memfasilitasi permulaan tidur, meminimalkan kecemasan dan menenangkan otak. Orang yang membaca secara teratur memiliki hasil kognitif yang lebih baik,” kata Reid Kehoe, neuropsikolog di Northwestern Medicine, mengutip dari Livestrong.

3. Tidur cukup

Saran ini terus digaungkan para ahli kesehatan. Tidur memang punya peran penting dalam kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berkaitan dengan otak, Forbes melaporkan, kurang tidur mengganggu memori dan pembelajaran. Otak jadi lebih lambat berpikir, Anda gampang lupa, dan fokus hanya berlangsung singkat.

Riset lain menunjukkan, kurang tidur membuat seseorang sulit melihat sisi positif dari sesuatu.

4. Jam tidur dan bangun tetap

Waktu tidur yang konsisten jadi salah satu kebiasaan baik di malam hari. Anda bisa memasang pengingat atau alarm agar tahu waktunya tidur dan bangun.

“Waktu tidur yang tidak teratur membuat ritme tidur lebih sulit dipertahankan, yang dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif,” kata Kehoe.

5. Gunakan wewangian yang menenangkan

Riset menemukan, penggunaan wewangian seperti minyak atsiri pada diffuser selama dua jam tiap malam bisa meningkatkan kemampuan mengingat.

Melansir dari Express, Center for the Neurobiology of Learning and Memory di University of California melibatkan 43 orang dewasa tua antara 60-85 tahun. Mereka dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok kontrol dan kelompok yang terekspose wewangian.

Selama 6 bulan riset, salah satu kelompok diberi paparan aroma seperti mawar, lemon, jeruk, lavender, kayu putih, peppermint, dan rosemary.

Hasilnya, kelompok yang diberi paparan wewangian menunjukkan 226 persen perkembangan lebih baik saat tes memori dibanding kelompok kontrol.