Akhir Manis Penantian 20 Tahun Newcastle di Liga Champions

Inionline.id – 20 Tahun Newcastle United menunggu merasakan lagi kemenangan di Liga Champions. Penantian itu terbayar lunas dan manis dengan membungkam Paris Saint-Germain.

Newcastle United menang telak 4-1 atas PSG di St James’ Park, Kamis (5/10/2023) dini hari WIB, pada Matchday 2 Liga Champions. The Magpies tampil gemilang dan sempat unggul 3-0 lebih dulu lewat Miguel Almiron, Dan Burn, dan Sean Longstaff.

Gol Lucas Hernandez sempat menipiskan selisih. Tapi Fabian Schaar mengembalikan keunggulan tiga gol atas PSG.

Ini kemenangan bersejarah buat Newcastle, yang baru kembali ke Liga Champions. Sebelum ini, kemenangan terakhir mereka di ajang tersebut adalah pada 2003 silam.

Saat itu, Longstaff yang semalam mencetak gol, baru berusia lima tahun. Ia adalah anak didik asli Newcastle, yang tumbuh menyaksikan para legenda klubnya seperti Alan Shearer dan Shay Given.

“Ini malam yang spesial. Saya rasa kami sejak awal tahu ini akan spesial dengan atmosfer dari para suporter, tapi buat saya dan Burny (Dan Burn) bisa mencetak gol di malam seperti ini cukup sureal,” kata Longstaff kepada TNT Sports dikutip BBC.

“Saya tak bisa berkata-kata. Rasanya, jujur saja, ada beberapa dari kami yang berpikir tiga tahun lalu mungkin menuju pintu keluar klub dan merasa tak berada di tempat yang tepat.”

Laga ini menjadi semacam tonggak untuk Newcastle, yang sedang mengupayakan kebangkitan sejak dibeli Arab Saudi sekitar dua tahun lalu. Dua tahun lalu, mereka berada di posisi 19 Liga Inggris dan terancam terdegradasi.

Tapi di bawah Eddie Howe dan sejumlah investasi pemain yang cermat, Newcastle menanjak hingga bisa finis empat besar musim lalu. Kini mereka membungkam Paris Saint-Germain, yang sudah jauh lebih dulu menjadi raksasa.

“Saya masih belum bisa mencernanya. Saya dilepas Fulham di usia 25 tahun. Bisa kembali ke klub dan memainkan pertandingan Liga Champions, bangga banget,” ujar Dan Burn.

“Seperti mimpi, saya menunggu seseorang membangunkan saya, menunggu gelembungnya pecah.”

Kemenangan atas PSG membawa Newcastle United memimpin Grup F dengan empat poin dari dua laga. Mereka unggul satu poin atas PSG, sementara AC Milan dan Borussia Dortmund di posisi 3-4 dengan dua dan satu poin.