2 Bayi Beruang Himalaya Pertama yang Lahir di Indonesia

Inionline.id – Kabar bahagia datang dari Bali, baru saja lahir dua bayi beruang hitam Himalaya dengan sehat dan selamat. Peristiwa ini jadi yang pertama di Indonesia, khususnya di Taman Safari Bali.

Kelahiran dua bayi beruang hitam Himalaya hewan langka dan dilindungi di dunia ini juga jadi salah satu momen bersejarah. Karena ini artinya, program konservasi The Amazing Taman Safari Bali terbukti berhasil semakin menambah jumlah hewan langka ini sehingga mencegahnya punah.

Adapun dua bayi beruang lelaki ini hasil lahir dari perkawinan beruang hitam Himalaya jantan bernama Wu dan indukan beruang betina bernama Lili. Sebagai beruang indukan betina, Lili sangatlah hebat karena ia berhasil melalui kehamilan selama 243 hingga 245 hari dengan baik dan sehat.

Hasilnya Lili dengan lancar dan sehat berhasil melahirkan dua bayi buah hatinya, yang kini sangat ia jaga dengan sepenuh hati sebagai ibu dengan dua anak. Saat ini Lili sudah memasuki fase menyusui, dan dengan rutin merawat anaknya dibantu Wu.

“Keberhasilan pengembangbiakan beruang hitam Himalaya merupakan satu dari sekian banyak keberhasilan, sebagai wujud komitmen terhadap upaya konservasi satwa. Keberhasilan ini juga merupakan hasil dari kerja keras perawat satwa, dokter hewan dan seluruh staff,” ujar Curator Satwa, drh. Kadek Kesuma Atmaja, melalui keterangan yang diterima suara.com, Rabu (4/10/2023).

Konservasi satwa adalah pelestarian binatang yang hidup di darat air maupun udara, yang masih memiliki sifat atau karakter liar. Tindakan ini merupakan salah satu cara melindungi spesies yang terancam punah dengan melestarikan habitat aslinya.

Potret dua bayi beruang hitam Himalaya ini juga dibagikan di akun Instagram @balisafari pada Kamis, 28 Agustus 2023. Tampak bayi beruang yang baru berusia 1 bulan itu mulai belajar merangkak. Bahkan, karena lahir saat bersamaan kedua bayi ini asik saling bermain satu sama lainnya.

“Beruang hitam Himalaya juga dikenal sebagai beruang hitam Asia atau beruang bulan, ada bentuk seperti bulan sabit putih di bagian dada. IUCN telah memasukkan beruang ini ke dalam kategori spesies rentan, dan kami sangat bangga mengumumkan keberhasilan kami dalam memelihara hewan ini,” tulis akun tersebut dalam caption.

Kini dua bayi beruang hitam Himalaya ini sudah memiliki nama, yakni Liu dan Liam. Setelah memantau kehamilan Lili dengan ketat, selanjutnya Tim Vet dan perawatan Satwa, terus memantau kesehatan dan kesejahteraan ibu dan bayi beruang ini.

Apalagi saat ini dua bayi beruang menggemaskan tersebut masih berada dalam perawatan intensif oleh tim medis dan perawatan satwa. Termasuk penjaga satwa juga harus sangat memperhatikan kedua bayi beruang dan ibunya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan perawatan yang diperlukan.