Untuk Tekan Polusi Udara, Sekda DKI Imbau Warga Jalan Kaki

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono meminta warga agar gemar berjalan kaki sebagai upaya untuk menekan polusi udara.

Hal itu dituangkan dalam Instruksi Sekda DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2023 tentang Upaya Percepatan Penurunan Tingkat Pencemaran Udara yang diteken pada 4 September 2023.

Joko meminta seluruh wali kota hingga lurah di DKI Jakarta melakukan dan mengimbau masyarakat untuk turut serta melakukan upaya percepatan penurunan tingkat pencemaran udara salah satunya dengan berjalan kaki.

“Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta gemar berjalan kaki,” demikian bunyi Instruksi Sekda DKI Jakarta tersebut.

Selain itu, Joko juga meminta mereka mengurangi emisi dengan cara menggunakan transportasi publik, menghemat energi, melakukan uji emisi kendaraan, dan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.

“Melindungi diri dari paparan polutan dengan menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar ruangan,” ujarnya.

Kemudian, melakukan penanaman pohon dan/atau tanaman pada lingkungan masing-masing, serta mengecek kualitas Jakarta secara berkala di lingkungan masing-masing.