Tekan Polusi Udara, PLN UID Jakarta Raya Pasang Water Mist Generator

Berita357 views

Jakarta, Inionline.id – Ikuti arahan Presiden Republik Indonesia dan Pj Gubernur DKI Jakarta, untuk melakukan berbagai upaya menekan polusi terjadi di Ibu Kota DKI Jakarta, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melakukan pemasangan water mist generator di atap gedung kantor PLN UID Jakarta Raya, yang terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (8/9).

Water mist generator merupakan alat penyemprot air otomatis. Alat ini merupakan implementasi penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Sesuai arahan PJ Gubernur, gedung-gedung tinggi yang ada di Jakarta, diminta memasang water mist generator di atap gedung.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengatakan bahwa pemasangan water mist generator di atap gedung kantor PLN UID Jakarta Raya ini merupakan perdana dilakukan.

“Kami sudah pasang satu water mist generator di atap gedung kantor kami, yang tingginya 10 lantai”, ungkap Lasiran

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto Tri mengungkapkan bahwa water mist generator mampu menghasilkan semburan air (atau campuran air dengan bahan lainnya) dengan ukuran yang halus, sehingga butiran air bisa beterbangan dan mengikat polutan agar meluruh ke permukaan tanah. Butiran air yang halus juga membuat mist generator tidak boros air.

“Penyemprotan air menggunakan water mist generator di atap gedung kantor kami dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari mulai pukul 8 sampai 11 siang dan sore hari mulai pukul 13 sampai 15 sore”, tutup Lasiran.