September Ini KCIC Akan Uji Coba Kereta Cepat Gratis

Ekonomi457 views

Inionline.id – Untuk masyarakat umum pada September 2023 ini PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) berjanji mengadakan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara gratis.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan uji coba gratis untuk masyarakat umum bakal digelar sebelum peresmian yang direncanakan pada 1 Oktober 2023 mendatang.

“Kita harapkan September ini bisa kita mulai (uji coba gratis). Jadi, sebelum commercial on date (COD) pasti kita akan lakukan uji coba untuk penumpang tidak berbayar, termasuk penumpang di kanan kiri trase yang terdampak. Itu pasti,” katanya di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Rabu (6/9).

“Sekarang sudah banyak yang mendaftar pakai surat dan lain-lain. Nanti akan kita umumkan untuk pendaftaran yang secara online secara sistem,” sambung Dwiyana.

Sementara itu, General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan pihaknya masih memfinalisasi proses pendaftaran tersebut. Ia menyebut nantinya warga Indonesia bisa mendaftar melalui situs KCIC.

Namun, ia belum bisa memastikan kapan tanggal registrasi tersebut. Eva mengatakan masih dalam tahap koordinasi antarstakeholder.

Ia juga tidak merinci berapa kuota untuk masyarakat. Eva hanya mengatakan semuanya fleksibel tergantung kondisi di lapangan.

“Kita juga sudah mulai masyarakat yang di sekitar jalur rel, sudah pendataan. Terus kemudian ada pengajuan invitation dari berbagai instansi dan lain-lain. Nanti pasti ada, yang kita pastikan akan ada kuota masyarakat untuk melakukan pendaftaran secara mandiri,” jelas Eva.

“Informasinya akan segera kita umumkan yang pasti tidak akan sulit untuk melakukan registrasinya. Ini baru pendataan yang warga sekitar karena memang kan diutamakan itu dulu yang di sekitar jalur mulai dari Halim sampai dengan Tegalluar,” tutupnya.